18 Desa Dalam Program Pamsimas

MELAWI- Pemerintah Melawi melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan (Perkim) mengusulkan 18 desa yang tersebar di Kabupaten Melawi untuk masuk dalam usulan program nasional penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) 2018.

“Program Pamsimas tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas atau kemudahan akses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Peruntukannya bagi warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan,” ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan Hinduansyah ,Kemarin.

Lebih lanjut Ia menambahkan, hadirnya program tersebut, juga dalam rangka mendukung pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs)  dari sektor air minum dan sanitasi melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

“Program Pamsimas 2018 sumber dananya dari APBN dan APBD Dengan Total Kurang lebih Rp. 4,5 Milyar. Kalau dari APBN Rp. 3,9 Milyar. Semengarta yang dari kabuaten atau dari APBD Melawi Rp. 500 Juta  saja ,” katanya.

Hinduansyah menjelaskan, dalam peembuatan Pamsimas, nantinya anggran tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing. Terutama dalam hal menghitung kebutuhan sejauh mana yang dapat diprioritaskan.

“Untuk tahun ini, kita berharap Pamsimas berjalan lancar dan melalui program tersebut memberikan dampak luas bagi kemajuan masyarakat desa. Sehingga kedepannya program ini bisa terus berjalan, dan akan membuat kebutuhan air bersih masyarakat terpenuhi,” pungkasnya. (edi/KN)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.