30 Anggota DPRD Melawi Resmi Dilantik

MELAWI,KN- Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Melawi periode 2019-2024 dilantik, Senin sore (9/9) di ruangan paripurna DPRD Melawi. Pelantikan tersebut adilakukna oleh Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Yogi Dulhadi, dan dihadiri Sekda Provinsi Kalbar, Al Leysandri, Bupati Melawi, Panji, Wabup, Forkopinda serta ribuan masyarakat Melawi lainnya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota dewan ini ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji, penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Yogi Dulhadi, dan diwakili tiga orang anggota dewan secara simbolis. Selain itu, juga ditetapkan Ketua DPRD Melawi sementara yakni Widya Hastuti dari Partai NasDem dan Wakil Ketua DPRD sementara, Hendegi Januardi UY dari PAN.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan palu sidang pimpinan masa jabatan 2014-2019 oleh Ketua DPRD Melawi, Abang Tajudin, kepada Pimpinan DPRD sementara Widya Hastuti dan Hendegi Januardi UY.

Ketua DPRD Melawi lama, Abang Tajudin mengucapkan selamat kepada para anggota terpilih. Ia menyampaikan kepada anggota DPRD Melawi periode 2019-2024. Mengucapkan terima kasih atas kerja sama menjalankan tugas sebagai anggota dewan selama ini. Tidak ada manusia yang sempurna, maka pasti ada kekurangan. Mewakili seluruh anggota dewan periode 2014-2019, kami memohon maaf atas kekurangan

Pada kesempatan itu Ia juga mengatakan bahwa masih ada 7 agenda tertunda yang belum terselesaikan. Sehingga diharapkan bisa menyelesaikan agenda-agenda tersebut dengan segera dan profesional. “Besar harapan kami kepada anggota dewan baru dapat menyelesaikan agenda-agenda penting tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sementara, Widya Hastuti menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan seluruh masyarakat. “Semoga hari ini adalah hari yang baik bagi kita semua untuk mengawali hari yang baik dan menjadi mempererat bagi masyarakat Melawi. Semoga keadaan Melawi semakin membaik. Baik dalam pembangunan, perencanaan serta kontrolin dalam pengendalian,” ucapnya.

Sementara pada kesempatannya, Bupati Melawi, Panji mengatakan, selamat kepada para anggota DPRD Melawi yang baru saja dilantik, yang mana banyak wajah-wajah baru yang muda-muda sehingga diharapkan memiliki semangat baru.

Dikatakannya, seperti yang diketahui bahwa fungsi legislatif ada 3 yakni Fungsi legislasi, artinya DPR berfungsi sebagai lembaga pembuat undang-undang. Fungsi anggaran, artinya DPR berfungsi sebagai lembaga yang berhak untuk menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dan fungsi pengawasan, artinya DPR sebagai lembaga yang melakukan pengawasan terhadap pemerintahan yang menjalankan undang-undang.

“Pelaksanaan pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kabupaten Melawi merupakan puncak dari seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan umum yang telah sukses digelar serentak pada 17 april 2019 lalu. Rakyat telah memilih saudara menjadi wakil rakyat guna menuntaskan berbagai persoalan. Teriring harapan semoga anggota DPRD yang baru ini dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat dan hasil pembangunannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas sehingga membawa kota juang tercinta ini menjadi semakin maju, sejahtera dan bermartabat, serta mampu merealisasikan kemandirian ekonomi dengan memperhatikan budaya dan kearifan lokal,” ungkapnya.

Kemudian Panji berharap anggota DPRD Melawi masa jabatan 2019-2024 dapat menjalankan amanat rakyat yang telah dipercayakan kepada saudara sekalian, dimana asa dan harapan masyarakat Melawi yang begitu besar berada ditangan saudara dan itu menjadi tanggungjawab saudara untuk melaksanakannya bersama dengan seluruh jajaran birokrasi, eksekutif dan para pemangku amanah untuk terus bersinergi menggerakkan berbagai program dalam kegiatan pembangunan. “Harapan saya, keberhasilan yang telah dicapai oleh anggota dprd masa jabatan tahun 2014-2019 yang sebelumnya dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan, dan lahir lnovasi-inovasi baru demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Melawi. kiranya saudara-saudara dapat bergegas menyusun strategi dan melaksanakan berbagai program, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Melawi. “Saya meyakini dengan berbekal semangat, kerja keras, kerja cerdas, serta didukung dengan kemampuan intelektual dan pengalaman, kiranya dapat memenuhi harapan masyarakat,” ucapnya. (ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.