Bupati Melawi Berpesan Agar Masyarakat Jaga Persatuan Dalam Upacara Peringatan HUT RI

MELAWI – Upacara pengibaran bendera pusaka dalam rangka HUT RI ke 73 yang jatuh pada 17 Agustus tahun 2018, di Kabupaten Melawi berjalan khikmat, Jumat (17/8). Pengibaran bendera dan pada detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke 73 tersebut dipusatkan lapangan Stadion Olah Raga Raden Temenggung Setia Pahlawan Nanga Pinoh Jalan M.Mustofa Desa Kelakik, kilometer 4 Kecamatan Nanga pinoh, Kabupaten Melawi pukul 09.30 WIB.

Bupati Melawi, Panji, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara tersebut. Sementara yang menjadi Komandan Upacaranya yakni Danki Senapan A Yonif 642/Kps, Lettu. Inf Teguh Yudha Prakosa. Kegiatan tahunan ini diikuti peserta upacara antara lain diikuti ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN), Polisi, TNI, Satpol, Pemuda Pancasila, perwakilan organisasi masyarakat (ormas), mahasiswa, pelajar dan dari berbagai elemen masyarakat lainnya dilingkup Pemkab Melawi.
Sebelumnya, pada malam

Bupati Melawi Panji, ditemui usai gelar upacara berpesan untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Cintai bangsa dan negara ini merupakan jati diri, dan berusaha mengisi diri masing-masing dengan ilmu pengetahuan, dengan wawasan serta pandangan hidup yang baik dan menjadikan diri kita berkualitas, artinya tidak boleh berhenti belajar, terutama bagi generasi muda.

“Hilangkan perbedaan, tapi lihatlah persamaan, persatuan dan kesatuan, biarpun kita berbeda suku dan agama mari kita tetap satu demi keutuhan NKRI, khususnya di daerah kita Kabupaten Melawi. Mari kita bersatu padu dan bersama-sama untuk membangun daerah kita ini supaya lebih baik dan maju kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu, pihak Pemerintah Kecamatan Nanga Pinoh melaksanakan upacara secara terpisah. Peringatan HUT RI ke-73 tingkat Kecamatan yang dilaksanakan pada di halaman kecamatan Nanga Pinoh. Yang mana pelaksanaannya juga berlansung dengan khidmat.

Selaku inspektur upacara langsung Camat Nanga Pinoh, Daniel, dihadiri unsur muspika, Polsek Nanga Pinoh, Danramil, para kepala desa se-Kecamatan Nanga Pinoh, TP PKK Nanga Pinoh, serta tokoh masyarakat Kecamatan, ormas dan pendamping desa.

Peringatan detik-detik Proklamasi berlangsung sekitar pukul 09.30 WIB ditandai pembacaan teks proklamasi dan pengibaran bendera merah putih dilaksanakan yang dilaksanakan oleh anggota Paskibra dari SMA di Wilayah Kecamatan Nanga Pinoh.

Usai upacara camat Nanga Pinoh menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir untuk mensukseskan upacara yang dilaksanakan di halaman kecamatan.

“Selama ini kita belum pernah mengadakan upacara di sini. Dan ini adalah upacara perdana yang dilaksanakan di kecamatan, puji Tuhan semua berjalan dengan baik dan lancar. Terimakasih kepada para pelajar, SD, SMP dan SMA. Kepada kapolsek, danramil serta semua yang hadir di sini,” jelasnya.

Selama ini Nanga Pinoh selalu bergabung dengan Pemkab Melawi dalam setiap pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan. Karena memang Nanga Pinoh merupakan ibu kota Kabupaten. Namun pada kepemimpinan camat Daniel upacara dilaksanakan di kecamatan. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.