Wakil Bupati Aloysius Buka Penyuluhan Retribusi Pajak Daerah

SEKADAU – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Badan Retribusi dan Pajak Daerah adakan Kegiatan Penyuluhan Retribusi dan Pajak Daerah di Gedung Mess Pemda Sekadau, Kamis (27 /9/18) pagi.

Kegiatan penyuluhan ini dibuka oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH, M.Si.

Dalam sambutanya ia katakan, ada 11 Pajak Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan dilsosialisasikan yakni, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral dan batuan, pajak pasir, pajak air tanah, pajak PBB – P2, pajak BPHTB, dan pajak sarang burung walet.

Ia mengatakan, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB – P2) merupakan andalan daripada pemerintah daerah untuk sektor pajak.

“PBB – P2 ini sangat erat kaitannya dengan distribusi pembangunan dengan desa atau dusun, regulasinya untuk pembangunan karna merupakan pajak asli daerah,” ucapnya.

Wakil Bupati mengharapkan kepada masyarakat agar selalu update untuk PBB ini. Mudah-mudahan setiap kecamatan sudah mulai ada perubahan.

Aloy juga menjelaskan tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) kita akan melihat persuasi yang ada banyak dihindari orang termasuk juga perusahaan yang sering mengelak pembayaran BPHTB.

Demikian juga dengan pihak perusahaan apabila melakukan take over, perusahaan dimaksud tetap menggunakan nama perusahaan yang di take overnya agar tidak membayar BPHTB,” lanjut Aloy.

Kita kata dia, memang tidak bisa masuk keranah penggantian nama perusahaan karna ini adalah ranahnya pemerintah provinsi. Kita berharaf ada kesadaran dari pihak perusahaan yang melakukan take over.

“Demikian halnya dengan Pajak Penerangan Jalan (PPJ). Pajak ini secara otomatis dipotong saat kita membeli token listrik. Pajak hotel dan restoran juga demikian, dikarcisnya sudah tertulia PPh 10 persen,” jelasnya.

Aloy berharap agar dalam penyuluhan ini dapat merupakan wadah dan tanggungjawab bersama sehingga, para petugas pajak dapat bekerja optimal sehingga partisipasi masyarakat dapat tercapai sesuai target yang diinginkan.

“Saya menghimbau kepada kita semua untuk membangun komitmen bersama agar sesuatu yang disepakati dalam penyuluhan ini dapat tercapai dan penuh tanggungjawab,” ajaknya. (As/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.