5 Parpol Melapor Pelanggaran Pemilu 2019 Ke Bawaslu Sekadau

SEKADAU, KN – 5 (lima) Partai Politik (parpol) yakni, PSI, PKPI, Perindo, PPP dan Berkarya, menggugat dan melapor ke Bawaslu Sekadau terkait pelanggaran administrasi di dapil sekadau 3 saat pemilu 17 April 2019 lalu.

Suratmin, calon legislatif anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau dari Partai PSI nomor urut 1 dapil sekadau 3 yang mewakili 5 parpol mengatakan, saat pemilu 17 April 2019 lalu di semua TPS dapil sekadau 3, petugas KPPS tidak tempelkan C1 dipapan pengumuman.

Damre Sepejo, caleg (DPRD) Kabupaten Sekadau dari partai PKPI nomor urut 1 dapil sekadau 3 juga mengatakan hal yang sama. “Kami sangat dirugikan karna petugas KPPS tidak menempelkan C1 di papan pengumuman,” pungkasnya.

Dibawah ini ada 3 gugatan dari 5 (lima) parpol tersebut diatas yakni :

1. Agar KPU dan Bawaslu membuka kotak dan menghitung surat suara di dapil sekadau 3

2. Apabila terdapat kecurangan maka kami akan menuntut agar dilakukan pemilihan suara ulang (PSU) di wilayah dapil sekadau 3

3. Apabila terbukti terjadi kecurangan maka kami meminta oknum yang melakukan kecurangan tersebut harus diproses sesuai hukum yang berlaku.

Dikonfirmasi kepada ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau, Drianus Saban mengatan, petugas KPPS dan PPK sudah bekerja sesuai SOP.

“Petugas KPPS sudah menempelkan C1 dipapan pengumuman atau di kantor desa,” jelas Saban via telepon sellularnya, Senin (6/5/19).

Kalau mereka mau lapor ke Bawaslu dan Polres Sekadau sambung Saban, itu hak mereka. PPK dan KPPS juga punya hak jawab nantinya. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.