ADD Dan DD Tahun 2018, Desa Tapang Tingang 1.4 Milyar Lebih

SEKADAU – Desa Tapang Tingang, Kecamatn Nanga Taman Kabupaten Sekadau dengan luas wilayah 10.845 Hektare dan ada tujuh Dusun dengan jumlah penduduk 3.267 jiwa.

Kades Tapang Tingang, Kanisius Musitus katakan, untuk kucuran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) berjumlah 1.3 Milyar. Tahun anggaran 2018 DD dan ADD ada Desa Tapang Tingang ada peningkatan dari tahun anggaran 2017 yakni 1,4 Milyar lebih.

Selain itu ia katakan, ada beberapa item kegiatan dalam pemberdayaan masyarakat khusus untuk membantu masyarakat yang tidak mampu untuk pembuatan WC, memberi makanan tambahan bayi, honor guru Paud dan termasuk sarana olahraga.

“Untuk rencana BUMDes Desa Tapang Tingang kedepan adalah pengadaan pupuk untuk petani dan pengadaan Elpiji,” ujarnya, Kamis (17/5/18).

Untuk pembangunan fisik Desa Tapang Tingang tahun anggaran 2017 antara lain, jalan Rabat beton, Jembatan beton dan Balai pertemuan disetiap Dusun.” Dalam kegiatan pekerjaan fisik ini kita melibatkan masyarakat Desa setempat. Semua pekerjaan fisik dimaksud sudah selesai 100 persen,” paparnya.

Adapun kegiatan lainnya di Desa Tapang Tingang adalah kegiatan yang bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) dalam hal pembuatan WC. Dalam kerja sama ini masyarakat kita diajarkan untuk pembuatan Closet yang hasilnya hampir sama dengan yang dijual dipasaran.

Untuk program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, salah satu Dusun Tapang Tingang juga sudah pernah mengikuti lomba yang diikuti oleh 9 Desa dan Desa Tapang Tingang mendapatkan hadiah dari WVI sebesar Rp. 25 juta berupa barang,” ujarnya.

Menjelang Pilgub dan Cawagub 2018 pada tanggal 27 Juni mendatang ia menghimbau kepada masyarakat di Desa Tapang Tingang, bagi yang sudah mempunyai hak suara silakan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing,” imbaunya. (AS /KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.