Afen : sekolah merupakan identitas sosial yang mendidik masyarakat

SINTANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Marchues Afen menghadiri dan menutup rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III formasi Guru Garis Depan atau GGD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, yang bertempat di Aula Cadika, Kompleks Stadion Baning Sintang, pada hari Senin sore (24/7/2018).

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat, kemudian Kepala BKPSDM Kabupaten Sintang, para widyaiswara dan peserta diklat prajabatan.

Sebelum kegiatan diklat prajabatan CPNS golongan III dari formasi GGD, Asisten Administrasi Umum Marchues Afen menceritakan sedikit pengalamannya saat menjadi guru dihadapan para peserta diklat prajabatan tersebut.

“jadi seorang guru itu harus memiliki jiwa yang berwibawa, dalam soal ngajar mengajar janganlah sesekali guru itu merendahkan murid kita, jangan pernah berbuat kasar dengan anak didik kita, karena hal ini menjadi persoalan terhadap psikis seorang anak”, kata Afen.

Kemudian Marchues Afen membacakan sambutan Sekda Sintang, bahwa Asisten Administrasi Umum memberikan ucapan terimakasih kepada para peserta diklat prajabatan golongan III.

“saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta karena mengikuti kegiatan ini dengan baik, inilah contoh sosok-sosok para pemuda-pemudi yang siap untuk mencerdaskan anak bangsa, serta dapat membangun Kabupaten Sintang yang lebih baik lagi”, ungkapnya.

Menurut Asisten, bahwa sekolah merupakan identitas sosial yang mendidik masyarakat untuk mendidik dalam peradapan di dunia untuk saling menghargai dan mencapai kesejahteraan.

“selain sekolah, keluarga juga merupakan alat pendidikan yang paling penting didalam dunia pendidikan, karena ranah keluarga merupakan dasar anak membentuk karakter dilingkungannya, dan pendidikan membutuhkan sikap pergaulan sosial”, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pendidikan Pelatihan Kepemimpinan dan Prajabatan BKPSDM Kabupaten Sintang, Yuliana menyampaikan bahwa kegiatan diklat prajabatan golongan III ini merupakan tahapan akhir dari angkatan 1 hingga 7.

“jadi diklat ini diikuti sebanyak 254 orang, dengan klasifikasi 100 peserta pria dan 154 peserta wanita, yang dibagi menjadi tujuh angkatan, dimulai dari angkatan pertama pada bulan Maret 2018 lalu dan berakhir pada bulan Juli 2018 ini”, kata Yuliana.

Yuliana menambahkan bahwa tujuan daripada diklat ini diselenggarakan agar para Calon Pegawai Negeri Sipil ini untuk membentuk karakter seorang pelayan masyarakat.

”kita selenggarakan untuk membentuk CPNS yang memiliki ilmu pengetahuan, memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi, memiliki jiwa semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyrakat karena sasaran daripada seorang PNS itu adalah dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat maka dipandang perlu diklat prajabatan ini dilaksanakan”, tambahnya.

Selain itu, Yuliana juga memaparkan bahwa dalam diklat prajabatan golongan III ini diikuti sebanyak sembilan mata diklat.

“seperti Kebijakan Pengembangan SDM, Overview Kebijakan Diklat, Dinamika Kelompok, Wawasan Kebangsaan dalam NKRI, Percepatan Pemberantasan Korupsi, Pola Pikir ASN sebagai
Pelayanan Masyarakat, Manajemen ASN, Muatan Substansi Lembaga, Review Kebijakan Penyelenggaraan Diklat”, tuturnya. (HUM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.