Antisipasi Kelangkaan, Dewan Minta Pemkab Perbanyak Stok Barang

SINTANG – Seperti menjadi kebiasaan, setiap Bulan Suci Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya keagamaan lainnya, harga Barang Pokok dan Penting (Bapokting) kerap melonjak tinggi.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim meminta Pemerintah baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten untuk memperhatikan kenaikan harga sembako.

“Ada beberapa faktor penyebab melonjak harga, salah satunya euforia. Ada euforia dari masyarakat menyambut bulan suci Ramadhan atau hari raya keagamaan menyebabkan permintaan terhadap barang pokok meningkat yang tentunya juga akan berpengaruh pada harga pasar,” Kata Terry.

Menurut politisi Nasdem ini, adanya spekulan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar juga menjadi salah satu alasan mengapa harga bahan pokok melonjak tinggi.

“Tingginya harga bahan pokok dapat disebabkan dengan tidak sebandingnya stok barang dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu, ia mengharapkan pihak terkait dapat menyiapkan stok barang untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga saat Bulan Suci Ramadhan atau menjelang hari raya keagamaan.

“Jika perlu, pemerintah harus menyiapkan stok dua kali lipat sehingga tidak terjadi kelangkaan yang dapat menyebabkan harga melonjak tinggi,” harap Terry. (YL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.