Banyak ASN Ajukan Pindah Tempat Tugas

SINTANG – Banyaknya pengajuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengajukan pindah tugas, terutama di daerah pedalaman mendapatkan perhatian khusus dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sintang.

Kepala BKPSDM Sintang, Palentinus mengatakan pihaknya akan selektif sebelum mengabulkan permintaan pindah dari ASN, terlebih yang bertugas di daerah pedalaman. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada ASN yang menumpuk di kota namun mengakibatkan kurangnya ASN yang bertugas di daerah pedalaman.

“Tentu kita akan selektif, kita tidak mau terjadi penumpukan ASN di kota, daerah pedalaman lebih membutuhkan dari pada daerah kota terlebih lagi untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan,” ujarnya.

Menurutnya, ada tiga alasan dominan yang diberikan ASN ketika akan melakukan pindah yaitu mendapatkan pengalaman baru, dekat dengan keluarga dan yang terakhir karena sakit sehingga membutuhkan kemudahan untuk menjalani pengobatan di kota karena kurangnya fasilitas kesehatan di daerah pedalaman.

“Masalah kesehatan akan jadi pertimbangan khusus, terlebih lagi yang mengajukan pindah dengan alasan kesehatan rata-rata mereka yang sudah tergolong senior dan telah lama mengabdi sebagai ASN,” ucapnya.

Mengenai syarat kepindahan tempat tugas ASN, Paleninus mengungkapkan tidak ada alasan khusus kecuali pertimbangan masa pengabdian yaitu minimal lima tahun masa kerja didaerah tersebut.

“Kalau baru satu tahun setengah sudah mengajukan pindah, itu tentu sulit karena kami juga akan mempertimbangkan masa pengabdian di daerag tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Kusnadi mengharapkan BKPSDM benar-benar teliti dalam mengabulkan permohonan pindah tugas yang dilakukan oleh ASN yang ada di daerah pedalaman.

“Kami apresiasi jika memang BKPSDM benar-benar seleksi mengabulkan permohonan pindah tersebut dan memang itu yang seharusnya dilakukan. Cek sebenarnya alasan kepindahan tersebut dan kembali dilihat apa memang layak ASN tersebut dipindahtugaskan,” katanya.

Politisi PKB ini juga mengharapkan ASN dapat bertugas dengan baik dan dapat beradaptasi baik dengan lingkungan tempat ia bertugas terutama untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang bertugas di daerah pedalaman.

“Tenaga pendidik dan tenaga kesehatan sangat dibutuhkan oleh warga di daerah pedalaman, kalau mereka mengajukan pindah, tentu akan berdampak pada daerah tersebut. Intinya, jika memang ASN tersebut bisa beradaptasi dengan baik di lingkungannya, dia akan betah dan kecil kemungkinan untuk pindah,” tukasnya. (YL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.