Bendera Raksasa Berhasil Berkibar di Lereng Bukit Kelam

oleh
oleh

SINTANG, KN – Guna memeriahkan HUT RI Ke-74 Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Sintang, Forkopimda dan Forum Peduli Ibu Pertiwi (FPIP), mensukseskan pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa dilereng Bukit Kelam pada Minggu, (18/8/2019)

Tepat pukul 15.37 wib, Sang Saka Merah Putih yang berukuran 180 x 48 Meter dengan berat mencapai 500 kg berhasil dibentangkan oleh tim pendaki 45 orang.

Setelah melalui proses selama 4 jam 37 menit dengan ditandai pemencetan tombol sirine Oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno yang didampingi Forkopimda Kabupaten Sintang, di Halaman Kantor Camat Kelam Permai pukul 11.00 wib.

Pembentangan Sang Merah Putih raksasa ini mendapat antusias bersama dari masyarakat Sintang dengan berbondong-bondong hadir menyaksikan pengibaran tersebut.

Berangkat dari Forum Peduli Ibu Pertiwi yang menginisiasi pengibaran bendera Merah Putih raksasa di Bukit Kelam dengan melibatkan sebanyak 45 orang tim gabungan dari berbagai elemen.

Handiyadi dari Kodim 1205 Sintang menjelaskan bahwa tim yang akan naik ke atas Bukit Kelam dan mengibarkan bendera berjumlah 45 orang.

“Dari Yonif 642 Kapuas Sintang 10 orang, Kodim 1205 Sintang 1 Orang Vertical Resque Bandung 3 orang, anggota tim panjat tebing dari Malaysia 1 orang Perempuan yakni Nabila Muhammed, Brimob Kalbar 2 orang, Tim Mapala UNKA 15 orang, Kapuas Pendaki 4 dan Basarnas 2 orang, BKSDA 1 orang, Tim Media 3 orang, Pendamping pendaki 4 orang,” terang Handiyadi.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan kegiatan ini merupakan kreasi anak bangsa dan bentuk partisipasi multi pihak yang luar biasa. Karena pembentangan bendera raksasa ini bukan perihal yang mudah.

“Sangat apresiasi dengan pembentangan bendera raksasa ini, tentunya kegiatan ini berlangsung karena kerja sama seluruh pihak dari Kodim, Korem, OPD Kabupaten Sintang, BKSDA, Mapala dan para jurnalis. Persiapannya tentu tidak mudah, ujar Jarot kepada seluruh awak media pada sesi konfrensi Pers.

Menurutnya, aksi tersebut juga untuk menambah rasa kecintaan kepada Indonesia, terutama rasa patriotisme dan rasa cinta tanah air.

“Tentunya apresiasi terus kita berikan kepada semua pihak dan yang jelas, Pemkab Sintang mendukung sepenuhnya. Pengibaran Bendera Raksasa di Bukit Kelam ini kita tujukan untuk Indonesia ,” tegas Jarot.

Ketua Panitia Pelaksana Pembentangan Bendera Merah Putih, Jeffray Edward seuasi memberikan pidato kepada masyarakat mengatakan bahwa apresiasi masyarakat sangat tinggi.

“Semoga proses ini berjalan dengan baik dan lancar, terutama para pendaki. Kita harap destinasi ini terus dilaksanakan, agar bisa menjadi kebanggaan untuk masyarakat Kabupaten Sintang,” papar Jeffray.

Selain itu, Jeffray juga menyampaikan terima kasih untuk semua yang terlibat dalam pelaksanaan ini. Karena seluruh masyarakat memenuhi kantor Camat Kelam Permai untuk melihat langsung prosesi pembentangan bendera raksasa ini.

“Pembentangan ini, kita harapkan mampu menyemarakkan Kabupaten Sintang bahwa dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ini kita berkontribusi yang besar dalam menjunjung rasa patriotisme kita kepada Bangsa Indonesia dan rasa cinta pada tanah air,” harapnya. (Ssi)