Berharap Ada Solusi untuk Peladang Mengelola Lahan Pertanian

oleh
oleh
F Ronny

SINTANG, KN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny berharap, Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pusat dapat memberikan solusi ke depan untuk para peladang di Kabupten Sintang.

Solusi tersebut kata Ronny bisa saja dalam bentuk anggaran yang cukup besar untuk para peladang ataupun program. Karena diketahui, bahwa di Sintang memiliki potensi untuk sawah, umumnya Kalbar dan memiliki cukup luas lahan gambut.

“Situasinya beda dengan Pulau Jawa. Kalau kita di sini tidak memiliki gunung merapi, sehingga kadar asam tanah itu tinggi. Kenapa masyarakat membakar lahan. Supaya zat asam dipermukaan tanah itu bisa hilang, sehingga bisa ditanami padi,” katanya.

Dikatakan Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini, bahwa beberapa tahun lalu pemerintah pusat mengeluarkan program cetak sawah, yang dikelola melalui TNI AD. Hanya saja hasilnya tidak terlalu efektif.

“Tidak terlalu efektif. Karena lahan yang ditanam zat asam masih sangat tinggi. Maka dari itu, kami berharap pemerintah pusart dapat mendengarkan aspirasi masyrakat kabupaten Sintang, secara umum Kalbar. Terkhusus masyarakat Dayak,” terangnya.

Ia juga tak menampik, bahwa kemampuan masyarakat sangatlah terbatas, tentu juga harus dibantu alat-alat pertanian yang lengkap. Maka dari itu, tidak ada salahnya kalau pemerintah pusat memberikan Rp1 hingga Rp2 triliun khusus untuk peladang.

“Dengan begitu, sehingga lahan gambut bisa dikelola. Karena ada bantuan program tindak lanjut tersebut, seperti pupuk dan lain sebagainya,” pungkasnya. (*)