Beri Pemahaman Ideologi, Binmas Polres Melawi Rangkul Pelajar

MELAWI – Jajaran Polres Melawi secara rutin melaksanakan upacara bendera di beberapa sekolah baik tingkat SD, SMP maupun SMA yang berada di wilayah Kabupaten Melawi. Pada Senin pagi (15/1), didampingi anggotanya, Kasat Binmas AKP T. Pardamean Marbun menjadi Pembina upacara bendera di SMA N 1 Belimbing.

Hal tersebut dilaksanakan bertujuan untuk pembinaan dan pengenalan serta pemahaman tentang ideologi pancasila kepada para pelajar, guna mewujudkan kebhinekatunggalikaan dalam mewujudkan keutuhan NKRI dilingkungan pelajar pada usia dini.

Pada kesempatan tersebut Marbun menyampaikan pesan-pesan himbauan kamtibmas, dewasa ini perkembangan teknologi semakin meningkat dengan pesat. Terutama dimedia sosial hal tersebut harus diimbangi oleh pengetahuan tentang mana yang boleh dan mana yang tidak boleh kita upload ke media sosial.

“Apabila konten yang kita upload bersifat hoax, isu sara dan ujaran kebencian maka hal tersebut dapat merugikan diri kita sendiri, karena bisa dikenakan Undang-Undang (UU) Nomor 11 tahun 2008 atau UU ITE yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik. Oleh sebab itu bijaklah dalam menggunakan media sosial,” ucapnya.

Selain meengenai UU ITE, Marbun juga menghimbau kepada para pelajar mengenai penggunaan kendaraan. Ia mengatakan apabila menggunakan sepeda motor harus menggunakan helm standar serta sudah memiliki SIM dan mematuhi semua peraturan tata tertib dalam berlalu lintas.

“Itu lakukan untuk keselamatan kita sendiri dalam berkendara dijalan raya. Keselamatan itu mahal oleh sebab itu kita harus sadar sebelum menyesal dikemudian hari. Jaga pergaulan diluar jam sekolah agar tidak menjadi pelaku maupun korban tindak pidana,” himbaunya.

Marbun juga mengingatkan, apabila para pelajar dan dewan guru menemukan atau mengetahui suatu tindak kejahatan atau gangguan Kamtibmas yang terjadi dilingkungan sekolah dan lingkungannya, agar langsung melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat. “Segera beritahu pihak yang berwajib, jangan melakukan tindakan sendiri atau main hakim sendiri,” pesannya.

Pada kesempatan itu, Marbun memberikan bantuan kepada sejumlah pelajar berupa 2 buah bola kaki dan 6 buah buku agama kepada siswa SMA N 1 Belimbing. “Ini yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat,” pungkasnya. (DI/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.