Sintang

KAMIS (27/11/2014): (-PARLEMEN-): Zulkifli: MPR Komitmen Bangun Perbatasan *** DPRD Sintang Rapat Paripurna Persiapan Pelantikan Pimpinan Definitif *** (SEKADAU-): Operasi Zebra 2014, Razia Utamakan Penindakan dan Pembinaan *** Bina Anak Calon Generasi Penerus *** Sekda : Aparatur Desa Harus Mampu Majukan Desa *** (-KALSEL-): Bupati : Tunjangan Guru Daerah Terpencil Akan Dinaikkan *** (-KALTENG-): Polisi Amankan Uang Suap Milyaran *** Pimpinan DPRD Kapuas Ditetapkan Tersangka Kasus Suap *** (-NGABANG-): 50 Orang Meninggal Akibat HIV/AIDS Di Landak *** (-KALTIM-): Warga Perbatasan Sudah Nikmati Jaringan Telepon Selular

Banner
Banner

Pendidikan Dan Kesehatan Jadi Perhatian

Komentar (0)

19 Desember 2011, 12:07:23 WIB oleh Wahyu | dilihat: 48 kali

Print
Pendidikan Dan Kesehatan Jadi Perhatian

Melawi-NANGA PINOH SELATAN, (kalimantan-news) - Keberadaan Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi sebagai mitra pemerintah tidak hanya dalam membentuk keluarga sejahtera saja, tapi juga dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Terbukti di saat kunjungan kerja yang dilakukan TP-PKK Kabupaten Melawi ke Kecamatan Pinoh Selatan lebih menekankan kepada pentingnya kesehatan dan pendidikan kepada seluruh kader PKK dan masyarakat.

“Pendidikan dan kesehatan sangat penting dalam proses percepatan pembangunan yang menjadi program pemerintah daerah, karena jika masyarakat sehat dan memiliki SDM yang kuat saya yakin Kabupaten Melawi akan semakin maju,” kata Ketua Umum Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Ny. Henny Dwi Rini Firman saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pinoh Selatan belum lama ini.

Ia menilai keberhasilan ini tidaklah sempurna apabila semua elemen masyarakat dan aparat kecamatan tidak dilibatkan, juga instansi pemerintah yaitu Dinas Pendidikan dan Kesehatan, dan ia bersyukur karena keinginan masyarakat Kecamatan Pinoh Selatan untuk memiliki sebuah sekolah menengah atas saat ini sudah terealisasi, termasuk berhasilnya Kecamatan ini menyembuhkan 11 warganya yang terkena penyakit lusung.

“Walaupun bukan menjadi target Dinas Kesehatan tapi Kecamatan Pinoh Selatan berhasil mengobati warganya yang terkena penyakit lusung. Ini bisa jadi contoh terutama di bagi warga Teluk Pongkal Kecamatan Sokan yang banyak terkena lusung,” katanya.

Perlu diketahui bahwa penyakit lusung ini menjadi isu nasional setelah ratusan warga Desa Teluk Pongkal menderita penyakit tersebut, sampai pemerintah provinsi juga memberikan bantuan untuk mengatasi masalah ini, tapi hingga saat ini belum membuahkan hasil.

Oleh sebab itu istri orang nomor satu di Kabupaten Melawi ini berterima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan dan juga Dinas Sosial yang mau membantu pihak kecamatan dalam melaksanakan program-program kesehatan khususnya di Kecamatan Pinoh Selatan.
“Begitu juga dengan pihak Kecamatan Pinoh Selatan baik itu Camat, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan juga Tim Penggerak PKK Kecamatan yang ikut berpartisipasi dalam melaksanakan program pemerintah daerah, ini menjadi sebuah penghargaan bagi saya,” ungkapnya.

Disisi lain wanita yang barusan dilantik sebagai Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) ini juga banyak melakukan kegiatan diantaranya sosialisasi gerakan perempuan tanam, tebar dan pelihara.

“Makanya dalam kesempatan ini saya juga memberikan bibit kepada TP-PKK Kecamatan agar menanam bibit pohon dan dijaga dan setiap tahun dilaporkan berapa jumlah yang ditanam dan jumlah yang mati, karena ini merupakan program pusat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” tukasnya.

Melalui gerakan perempuan tanam, tebar dan pelihara, mewakili perempuan Kabupaten Melawi ia ingin menyuarakan bahwa perempuan bukanlah insan lemah tak berdaya yang tak mampu berbuat apa-apa bagi pembangunan.

“Kami adalah kaum ibu, yang tidak hanya melahirkan dan menyusui anak, para generasi penerus bangsa, namun kami juga menjadi guru yang pertama dan utama dalam membina karakter anak-anak kami dan turut berjuang bersama kaum laku-laki sebagai partner dalam menyejahterakan keluarga,” tegasnya.

Lebih lanjut ia katakan bahwa gerakan menanam, menebar dan memelihara ini merupakan setapak kecil usaha nya untuk menanam pohon untuk menciptakan lingkungan yang hijau serta menebar benih ikan untuk memastikan anak-anak kita terpenuhi kebutuhan proteinnya.

Untuk itu ia mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama memelihara apa yang telah dilakukan dengan menebar dan menanam sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Bulan Desember ini telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari menanam, menebar dan memelihara. Wanita berperawakan santai dan ramah ini juga mengajak kaum perempuan Kabupaten Melawi dan kepada seluruh masyarakat untuk menumbuhkan kecintaan pada lingkungan dan alam kepada anak-anak sejak dini.

“Hendaknya kita sebagai orang dewasa dapat menjadi contoh yang baik dalam menumbuhkan karakter gemar menanam pohon, gemar menebar ikan dan juga karakter memelihara apa yang sudah ditebar dan ditanam. Mari kita lakukan kegiatan ini mulai dari tempat tinggal masing-masing, pekarangan rumah ataupun lahan kering lainnya,” tukas dia.  

Terkait dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan), ia berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk mengemban tanggungjawab dalam membina Forikan Kabupaten Melawi ini.

“Atas nama pengurus kami mohon dukungan dari seluruh pihak terutama dukungan saran dan pendapat dalam rangka meningkatkan minat masyarakat Melawi untuk mengkonsumsi ikan lokal Melawi,” ajaknya.

Adapun program kerja yang akan dilakukan Forikan ini akan disusun dan dijalankan tentunya akan fokus pada memasyarakatkan konsumsi ikan melalui berbagai kegiatan dalam bentuk kampanye ataupun kegiatan kreatif lainnya. Seperti seperti safari gemar ikan, lomba masak serba ikan, promosi gemar ikan serta kegiatan lainnya.

“Kami berharap keanggotaan Forikan ini terdiri dari lintas instansi dan sektor ini dapat memudahkan dan melancarkan berbagai program kerja kami dalam mengkampanyekan gerakan memasyarakatkan makan ikan di berbagai kesempatan. Kita juga harapkan program gemar ikan yang diusung ini dapat dikukung instansi terkait dan juga para peternak ikan untuk lebih giat dalam memproduksi ikan lokal yang berkualitas sehingga juga menciptakan harga yang terjangkau bagi masyarakat,” harapnya.

Untuk itu ia mengajak segenap masyarakat untuk gemar makan ikan, karena ikan dapat memenuhi kebutuhan protein keluarga dan dapat mencerdaskan anak-anak sehingga menjadi generasi yang berguna bagi keluarga dan bangsa. (phs)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number