Sintang

RABU (23/04/2014): (-SINTANG-): Polres Sintang Kerahkan Anggota Pengamanan Pemilu Ulang di Kayan Hulu dan Ketungau Hulu *** Pemilik Rumah Libas Pencuri Hingga Tewas *** (-PARIWISATA-): Air Terjun Gurong Sumpit Jadi Wisata Alternatif *** (-KALIMANTAN BARAT-): Kubu Raya Gelar Raker Tingkatkan Layanan Kesehatan *** Singkawang Miliki Sekolah Negeri Berkonsep Sekolah Alam *** Kerajinan Barang Bekas Siswa Diminati Warga Asing *** (-PEMILU-): PDIP Masih Kuasai Kursi Dewan Sekadau *** KPU Kalbar Siap Gelar Pleno Hasil Pemilu *** Kapolres: Komisioner Akui Terima Uang Dari Caleg *** (-PARLEMEN-): Legislator : Perbatasan Masih Minim Perhatian Pemerintah *** (-KALIMANTAN TIMUR-): Yayasan Bosf Perlu Rp26 Miliar Untuk Orangutan *** (-EKONOMI-): Pemprov Kaltim Dukung Kinerja UMKM Dan Koperasi *** (-KALIMANTAN TENGAH-): Pemkab Barito Utara Gelar Operasi Katarak Gratis *** (-KALIMANTAN SELATAN-): Berharap Pengawas Ujian Nasional Tidak Arogan *** Pelaksanaan UN SLTP Sederajat Dimajukan Setengah Jam

Banner
Banner

Balangan Operasikan Enam Unit Mplik

Komentar (3)

21 Desember 2011, 18:10:04 WIB oleh Admin

Print

Kalimantan Selatan-BALANGAN, (kalimantan-news) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengoperasikan penggunaan enam unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK).

Penggunaan MPLIK tersebut dimulai pengoperasinnya oleh Bupati setempat, Sefek Effendie, di Paringin ibukota Kabupaten Balangan, Rabu.

Menurut Plt Kepala Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat, Haris Makkie sebelumnya Balangan tidak mendapatkan jatah unit MPLIK.

"Melalui perjuangan dan pendekatan kepada Kementerian Perhubungan RI, Dinas Perhubungan Provinsi dan pihak terkait lainnya, akhirnya kita mendapatkan jatah enam unit," ujarnya.

Perjuangan yang dilakukan untuk mendapatkan enam unit MPLIK tersebut, diharapkan sesuai dengan hasil yang nanti akan diperoleh melalui kemudahan akses informasi bagi masyarakat pengguna.

Ia mengatakan, telah dilakukan pelatihan kepada dua orang petugas untuk masing-masing unit MPLIK untuk pengoperasiannya.

"Selain itu masing-masing unit MPLIK dikemudikan oleh seorang supir yang juga telah diberikan pelatihan tentang pengoperasian internet," katanya.

Setiap unit MPLIK dilengkapi dengan enam buah laptop, satu buah genset dan satu buah layar LCD dengan daerah operasional di kecamatan-kecamatan.

Ia menambahkan, sasaran utama unit-unit MPLIK itu adalah sekolah dan para pelajar, terutama yang berada di daerah terpencil, yang masih mengalami kesulitan dalam mengakses informasi.

"Selama empat tahun ke depan, keenam unit MPLIK itu bebas biaya pemeliharaan dan pemerintah daerah hanya mengeluarkan biaya Rp1 juta perunit setiap bulan untuk biaya operasional," tambahnya.

Biaya operasional yang harus dibayarkan antara lain untuk pembelian voucer isi ulang dan biaya jasa bagi petugas yang mengoperasikan unit MPLIK tersebut.

Pengelolaan keenam unit MPLIK tersebut diserahkan kepada Dishubkominfo, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T), Bagian Humas Setda Balangan dan Protokol, Dinas Pendidikan, Perpustakaan Daerah dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Peresmian pengoperasian keenam unit MPLIK itu sendiri ditandai dengan penyerahan kunci mobil oleh Bupati dan wakil Bupati setempat kepada masing-masing Kepala SKPD yang dipercaya untuk melakukan pengelolaan. (phs/Ant)

Komentar (3)

Beri Komentar
  • operator mplik karawang

    operator mplik karawang:

    23 Desember 2011, 09:23:11 WIB

    mohon informasi berapa besar honor untuk operator mplik karena saya sudah beroperasi selama satu bulan tetapi belum ada informasi apa-apa soal biaya jasa dan maintenance. saya operator mplik kabupaten karawang, jawa barat..

  • kota banjarmasin

    kota banjarmasin:

    26 Juni 2012, 06:03:25 WIB

    kami sudah 6 bulan ga mnerima honor maupun operator / driver

  • harisman

    harisman:

    18 Desember 2012, 12:58:29 WIB

    kami sdh mengoperasikan mplik sekitar 3 bln,tp kenapa hingga skg blum ada di bayarkan honorx? tlg di perjelas masalahx..

Beri Komentar




Security Number