Sintang

SENIN (22/09/2014):(-MELAWI-): Pulang Sekolah Pelajar Tenggelam Di Sungai Pinoh *** Sejumlah Wanita Terjaring Rajia Pekat

Banner
Banner

Pelabuhan Samarinda Pindah Ke Palaran Februari

Komentar (0)

31 Januari 2012, 18:56:36 WIB oleh Admin | dilihat: 62 kali

Print

Kalimantan Timur-SAMARINDA, (kalimantan-news) - Rencana dipindahkan kegiatan Pelabuhan Peti Kemas Yos Soedarso Samarinda ke Pelabuhan Palaran Samarinda diperkirakan baru bisa terealisasi pada awal Februari 2011 meskipun gubernur Kaltim sudah menginstruksikan agar kegiatan itu pada 1 Januari tahun ini.

"Diperkirakan awal Februari baru bisa pindah. Saya bersama Dinas Perhubungan Samarinda dan Asisten II Setkot Samarinda pagi tadi mengunjungi Pelabuhan Palaran, kami sepakat 1 Februari besok seluruh kegiatan pindah ke Palaran," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, H Zairin Zain di Samarinda, Selasa.

Pemindahan pelabuhan dari pusat kota ke Palaran pada akhir Januari 2012 merupakan hasil rapat bersama antara Gubernur Kaltim, Waki Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail, Kepala Administrasi Pelabuhan (Adpel), PT Pelindo dan Dinas Perhubungan.

Pemindahan sesuai instruksi Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak tidak bisa terealisasi awal Januari lalu akibat terhambat kondisi jalan dari Perlabuhan Palaran menuju kawasan pergudangan Samarinda.

Pelabuhan Peti Kemas Palaran sudah lama dapat dioperasikan, bahkan kapal-kapal dari Jakarta sudah sejak beberapa bulan lalu sudah melakukan bongkar muat di Palaran, namun kapal dari Surabaya masih berstandar dan melakukan bongkar muat di Jl. Yos Sodarso.

Dari hasil koordiansi bersama Pemkot Samarinda pagi ini, maka sejak 1 Februari 2012, tidak ada lagi aktivitas bongkar muat peti kemas yang dilakukan di Jl. Yos Soedarso karena semuanya akan dialihkan ke Palaran.

Sedangkan untuk aktivitas pelabuhan penumpang memang masih dilakukan di Jl Yos Soedarso, pasalnya pelabuhan penumpang yang akan berada di sebelah Hulu Pelabuhan Peti Kemas Palaran, masih belum selesai pembangunannya.

Diakuinya akses jalan terutama di Jl. Ampera Samarinda Seberang yang merupakan akses menuju Pelabuhan Palaran memang masih rusak berat sepanjang 2 km, sedangkan sebagian jalan lainnya sudah dilakukan perbaikan.

Khusus mobil umum dan mobil berat memuat peti kemas yang akan melintas di jalan yang rusak tersebut, lanjut dia, akan dilakukan manajemen rekayasa lalulintas jalan agar tidak menimbulkan kemacetan.

Sedangkan rekayasa pengaturan jalan akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Samarinda bekerjasama dengan pihak kepolisian. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kemacetan panjang dan hal-hala lain yang tidak diinginkan.

Guna memperlancar arus lalulintas di jalan yang berada di Kecamatan Samarinda Seberang hingga Kecamatan Palaran, lanjutnya, maka di kawasan itu sudah dilakukan pelebaran jalan. Namun sebagian jalan ada yang sudah mulus, dan sebagian lagi segera diperbaiki.

Sedangkan tiang listrik yang sebelumnya berada di pinggir jalan, namun sekarang berada di badan jalan karena jalannya mengalami pelebaran, maka pihak PLN berjanji dalam waktu dekat akan melakukan pemindahan tiang listrik tersebut. (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number