Sintang

SELASA (21/10/2014): (-SINTANG-): Dokter Bambang Teramcam Sangsi Dari Tiga Organisasi *** (-SEKADAU-): Aksi Sosial IWAS dan Pelajar Kumpulkan Dana Kemanusiaan Senilai Rp. 14 Juta lebih *** (-MELAWI-):Empat Pengedar Narkoba Dibekuk Polisi Melawi *** Empat Sekolah Langganan Ikuti Lomba Sekolah Sehat *** (-PARLEMEN-): Kode Etik Dewan Sekadau Mengacu UU MD-3 2009 *** Perbaiki Mutu Komoditas Karet Sadapan *** (-NASIONAL-): Pemprov Kalbar Serahkan Penanganan Rambu Suar Ke TNI *** (-KALBAR-): Ratusan Lowongan Kerja Tersedia Di Kota Singkawang

Banner
Banner

57 Ormas dan LSM Terdaftar

Komentar (0)

12 Februari 2012, 13:58:07 WIB oleh Petrus Heri Sutopo | dilihat: 32 kali

Print

Sintang-KOTA, (kalimantan-news) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas), Lindra Azmar mengatakan sampai sekarang sudah ada 57 Organisasi Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang terdaftar di kantornya.

“Yang sudah masuk dan resmi mendaftarkan diri ke kita sejumlah itu, 57 ormas dan LSM,” kata Lindra dua hari lalu.

Berdasarkan aturan UU nomor 8 tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakat, memang tidak ada kewajiban bagi ormas maupun LSM untuk mendaftarkan diri, namun ketika sudah terdaftar sebenarnya ada manfaat yang bisa diperoleh.

Untuk mendaftarkan diri, dia mengatakan ormas atau LSM cukup melampirkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga organisasi.

“Dan tentunya kita juga berharap mereka punya sekretariat sehingga mudah dalam koordinasi,” jelasnya.

Badan Kesbangpol dan Linmas menurutnya sudah melaksanakan pendataan lapangan dan berharap untuk organisasi yang belum mendaftar bisa segera mendaftarkan diri ke kita.

“Saya lihat ada hal urgen, setidaknya dalam ruang gerak organisasi, sebagai pemerintah kami bisa memonitoring dan melakukan pembinaan, selain itu mereka bisa melakukan kegiatan dengan legal,  meskipun tidak ada sanksi ketika tidak mendaftar karena peran ormas dan LSM adalah mitra pemerintah,” tukasnya. (*)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number