Sintang

JUMAT (28/11/2014): (-KALBAR-): Banjir Ancam Kabupaten Landak Kalbar *** Anjongan Jadi Rintisan Program Pengendalian Hama Terpadu *** (-KALTENG-): Pengumuman Tes CPNS Kotim Belum Ada Kejelasan *** PNS Kotawaringin Timur Akan Jalani Tes Urine *** (-KALSEL-): Kampanye Lingkungan Hijau Bersepeda FKH 488 Km Dimulai

Banner
Banner

TMMD Ke-8 Di Kapuas Hulu Resmi Dibuka

Komentar (0)

23 Mei 2012, 20:03:05 WIB oleh Timo | dilihat: 28 kali

Print
TMMD Ke-8 Di Kapuas Hulu Resmi Dibuka

Kapuas Hulu-PUTUSSIBAU, (kalimantan-news) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-8 Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya di Desa Sibau Hulu, Kecamatan Putussibau Utara, Rabu (23/05/2012), resmi dibuka oleh Komandan Korem (Danrem) 121/ABW Kol. Inf. Toto Rinanto.

Pembukaan TMMD itu sendiri ditadai dengan digelarnya upacara yang dilaksanakan di Halaman depan Rumah Betang Balai Gundi Desa Sibau Hulu dan penyerahan peralatan secara simbolis oleh Danrem.

Sedangkan dalam program TMMD tersebut membangun badan jalan yang menghubungkan Desa Sibau Hulu dengan Desa Tanjung Lasa, dengan penimbunan jalan sepanjang 2.600 meter dan pengalian parit sepanjag 5.500 meter dan pembangunan 3 jembatan.

Dalam amanat  Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo selaku  Penanggung jawab operasional TMMD   yang disampaikan oleh Danrem 121/ABW Kol.Inf. Toto Rinanto mengatakan bahwa pembukaan TMMD di 61 (enam puluh satu) wilayah di Indonesia, dan untuk di Kalimantan Barat 2 (dua) wilayah yaitu Kabupaten Sanggau dan Kapuas Hulu, dilaksanakan secara serempak.

Untuk itu melalui kegiatan TMMD tersebut, disampaikan Toto bahwa diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan berdaya guna bagi peningkatan dan perbaikan kehidupan sosial masyarakat didaerah khususnya daerah terpencil.

Menurutnya, program TMMD itu sendiri merupakan program kerjasama lintas sektoral antara TNI,Polri, Kementerian/ Lembaga Kementerian Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsua lainnya.

“Kegiatan ini terpadu dan berkesinambungan dalam uoaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan didaerah, dan pelaksaaanya dua kali setiap tahunnya,” jelas Toto.

Oleh karenanya,  sasaran fisik da non fisik yang ditetapkan pada program TMMD hendaknya dapat tercapai secara optimal, sehingga dapat membantu tugas pemerintah dalam mewujudkan percepatan pembangunan didaerah, sehingga kata Toto sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat dapat terpenuhi guna meningkatkan roda perekonomian didaerah.

“Kehadiran TNI bukan sekedar membangun Desa tetapi juga sebagi inspirasi bagi masyarakat dan TNI itu sendiri dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial serta mampu mengembangkan komunikasi sosial yang persuasive kepada seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya.

Tidak hanya itu, penanggung jawab operasional TMMD melalui, Toto, juga berpesan agar TMMD dapat dilaksanakan dengan penuh keikhalasan dan rasa tanggung jawab yang tinggi, secara professional dengan tetap memperhatikan kewaspaaan dan kesiapsiagaan, membangun soliditas dan sinergitas yang kokoh antar sesama prajurit TNI, Polri, aparat pemerintah dan komponen masyarakat lainnya, memperhatikan factor cuaca dan pertimbangkan waktu yang ada agar TMMD dapat berjalan  lancar sesuai sasaran yang ditetapkan.

Selain itu lanjut Toto, adat istiadat serta budaya didaerah setempat mesti dihormati dan dipahami, dan memanfaatkan TMMD sebagai sarana berinteraksi dengan masyarakat untuk memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat dan mendukung tugas prajurit dilapangan, serat memanfaatkan segala dukungan  yang ada secara optimal, agar penyelenggaran TMMD dapat mencapai kesuksesan da keberhasilan. (phs)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number