Sintang

RABU (30/07/2014):Korban Tewas Tenggelamnya Feri Tercatat 12 Orang *** Hutan Energi Jangan Berhenti Di Konsep *** Tim Sar Masih Cari Penumpang Feri Tenggelam *** Pascalebaran Harga Sembako Di Palangkaraya Tetap Tinggi *** Kuliner Singkawang Diburu Warga *** TPI Samarinda Hangus Dilalap Api

Banner
Banner

Pembangunan Jalan Layang Banjarmasin Dimulai Agustus

Komentar (0)

20 Juni 2012, 03:41:31 WIB oleh Admin | dilihat: 24 kali

Print

Kalimantan Selatan-BANJARMASIN, (kalimantan-news) - Pelaksanaan pembangunan jalan layang di Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, rencananya akan dimulai Agustus 2012.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kalsel Martinus usai rapat kerja dengan anggota Komisi III bidang pembangunan dan infrastruktur DPRD di Banjarmasin, Selasa, mengatakan .

Ia menerangkan, untuk pembangunan jalan layang di kota seribu sungai itu, pemerintah provinsi saat ini sedang menyeleksi kontraktor yang bisa membangun prasarana perhubungan tersebut.

Dana pembangunan jalan layang di kawasan Jalan A Yani atau memotong Jalan Gatot Soebroto itu seluruhnya diperkirakan mencapai Rp150 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan tiga tahapan.

"Berarti pembangunan jalan layang itu akan memakan waktu sekitar tiga tahun anggaran atau selesai hingga pada 2015. Untuk tahap pertama, pemerintah pusat mengucurkan dana Rp26,7 miliar," ujarnya.

Sedangkan panjang jalan layang Banjarmasin itu, sesuai persetujuan pemerintah pusat, mencapai 400 meter, tidak seperti perencanaan semula dari Pemprov Kalsel, yaitu satu kilometer.

Ketika ditanya kenapa 400 meter tidak seperti perencanaan awal, ia mengatakan terkait penghematan anggaran.

"Kalau membangun jalan layang sepanjang satu kilometer, anggarannya akan lebih besar. Sedangkan fungsi jalan layang tersebut sama saja, baik yang panjang 400 meter maupun satu kilometer," kata Martinus.

Sementara itu, sejumlah anggota DPRD Kalsel terutama dari Komisi III, menyatakan kekecewaaan atas pemangkasan rencana pembangunan jalan layang tersebut.

"Kalau cuma 400 meter sama saja dengan jembatan, bukan jalan layang," kata Ibnu Sina, anggota Komisi III DPRD Kalsel dari Partai Keadilan Sejahtera.

Politisi PKS itu meragukan keberadaan jalan layang yang cuma 400 meter bisa mengurai kemancetan lalu lintas di Banjarmasin.

"Sebab kalau cuma 400 meter, panjang bentangnya mungkin hanya dari Jalan A Yani KM 3,7 atau depan Pasar Pandu sampai KM 4,1 atau dekat Kantor Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya Dinas Perhubungan," ujarnya.

Padahal rencana semula pembangunan jalan layang di Banjarmasin sepanjang satu kilometer atau dari Jalan A Yani KM 3,5 (depan Polresta) sampai KM 4,5 (depan kampus IAIN Antasari). (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number