Sintang

KAMIS (23/10/2014): (-SINTANG-): Jalan Rusak Truk Sembako Terguling *** Kontraktor Tuding Konsultan dan Bina Marga Hambat Pekerjaan *** (-SEKADAU-): Bupati Ingin Masyarakat Sadari Makna Nasionalisme *** Sujinem Penderita Tumor Parotis Terharu Dikunjungi Bupati

Banner
Banner

Harga Ikan Di Pasar Martapura Melambung

Komentar (0)

22 Juli 2012, 13:05:39 WIB oleh Admin | dilihat: 51 kali

Print

Kalimantan Selatan- MARTAPURA, (kalimantan-news) - Harga ikan segar di Pasar Batuah Martapura Provinsi Kalimantan Selatan sejak hari pertama Ramadan melambung sehingga membuat masyarakat harus mengeluarkan biaya lebih tinggi.

Pantauan ANTARA, Minggu di pasar ikan sore di belakang Pasar Batuah harga beberapa jenis ikan seperti Mas, Nila, Patin, Haruan (Gabus) dan ikan laut jenis Peda (Kembung) melambung tinggi.

Sejumlah pedagang mengatakan, naiknya harga ikan karena harga di tingkat partai yang diperoleh dari para petambak sudah tinggi sehingga berdampak tingginya penjualan kepada masyarakat di pasar.

"Harga beli di tambak sudah tinggi, jadinya kami juga terpaksa menaikan harga saat menjualnya di pasar," ujar Yunus pedagang ikan Nila yang tengah menurunkan ikan-ikan jualannya.

Disebutkan, harga ikan Nila dipatok sebesar Rp34 ribu per kilogram, sedangkan ikan Mas lebih tinggi lagi yakni mencapai Rp36 ribu per kilo gram untuk ikan hidup dan Rp40 ribu per kilo gram ikan yang sudah dipotong. Ikan lain yakni ikan Patin segar dijual Rp15 ribu sampai Rp17 ribu per kilo gram sedangkan dalam bentuk potong dijual Rp30 ribu per kilo gram khusus bagian daging dan lebih murah untuk bagian kepala atau ekor.

Pedagang lain yang menjual ikan Haruan (Gabus) juga menjualnya dengan harga tinggi yakni mencapai Rp60 ribu per kilo gram dan jumlah ikan yang dijual juga tidak banyak hanya beberapa ekor.

Meski pun harganya di pasaran melambung, namun tidak membuat daya beli masyarakat turun dan mereka tetap membelinya karena memenuhi kebutuhan lauk untuk buka puasa maupun makan sahur.

"Saya beli ikan nila harganya sudah Rp34 ribu per kilo gram padahal sebelumnya Rp24 ribu sampai Rp25 ribu per kilo gram," keluh Ny Nurul yang berbelanja sore hari di pasar tersebut.

Selain mengeluhkan harga ikan yang melambung, ibu rumah tangga itu juga sedikit kecewa karena ukuran ikan yang dijual pedagang relatif kecil terutama jenis ikan Mas dan Nila.

"Ukuran ikan Mas dan Nila yang dijual pedagang kecil-kecil, rata-rata satu kilonya berisi 4 hingga 5 ekor ikan sehingga kurang enak digoreng atau dibikin masakan lain," katanya. (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number