Sintang

SENIN (24/11/2014): (-SINTANG-): Bupati Sintang Dorong PKK Wujudkan Masyarakat Berkualitas *** Camat Serawai, 38 Desa Sudah Terhubung Jalan Darat *** (-KALBAR-): UMK Bengkayang Rp1,66 Juta *** (-SANGGAU-): Pamtas Entikong Amankan 26 Karung Gula Malaysia *** (-KALTIM-): Pemprov Akan Tunjukkan Dokumen Batas Wilayah Disengketakan

Banner
Banner

KPU Barito Utara Sosialisasi Verifikasi Parpol

Komentar (0)

24 Agustus 2012, 07:42:19 WIB oleh Admin | dilihat: 50 kali

Print

Kalimantan Tengah-BARITO UTARA, (kalimantan-news) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mennggelar sosialisasi verifikasi partai politik yang ada di daerah tersebut.

"Ada dua verifikasi yang dilakukan, yakni verifikasi administrasi dan verifikasi faktual," kata Ketua KPU Barito Utara (Barut), Rututman di Muara Teweh, Kamis.

Verifikasi administrasi adalah pemeriksaan kelengkapan bukti tertulis berkenaan dengan pemenuhan syarat parpol menjadi peserta pemilihan umum dan verifikasi faktual adalah pencocokan kebenaran bukti-bukti tertulis terhadap kenyataan dilapangan berkenaan dengan pemenuhan syarat parpol menjadi peserta pemilu.

Dia mengatakan, tugas KPU Barito Utara menerima dan memeriksa bukti keanggotaan parpol pada saat pendaftaran tanggal 10 Agustus-7 September 2012.

Selain itu memeriksa berkas bukti keanggotaan parpol dengan ketentuan syarat minimal keanggotaan 1.000 orang atau 1/1.000 (satu perseribu) dari jumlah penduduk Kabupaten/Kota di mana parpol menyerahkan.

"Apabila parpol telah memenuhi syarat bukti keanggotaan, maka KPU Kabupaten/Kota menerimanya dengan memberi tanda bukti penerimaan sesuai formulir lampiran 2 Model F-Parpol," kata dia.

Rututman mengatakan, apabila parpol tidak memenuhi syarat dan bukti keanggotaan, maka KPU akan mengembalikannya untuk diperbaiki kembali dan harus diserahkan paling lambat sampai batas waktu pendaftaran berakhir.

Dia mengatakan, kemudian setelah parpol memperbaiki dan KPU Kabupaten/Kota menerima, tidak ada lagi kesempatan untuk parpol memperbaiki berkas keanggotaannya.

Selain materi verifikasi parpol, juga diberikan materi Peraturan KPU No.7/2012 tentang tahapan, program dan jadwal, penyelenggaraan pemilihan umum anggota dewan perwakilan rakyat daerah, dewan perwakilan daerah, dan dewan perwakilan rakyat daerah tahun 2014.

Selain itu, keputusan KPU No.156/Kpts/KPU/2012 tentang data wilayah administrasi Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan jumlah penduduk Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk keperluan persyaratan Partai Politik menjadi peserta Pemilu anggota DPR, dan DPRD tahun 2014.

"Selain itu Keputusan KPU Kabupaten Barito Utara Nomor 01/KPTS.KAB-020.435843/VII/2012 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Barito Utara," katanya. (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number