Sintang

SELASA (25/11/2014): (-SINTANG-): Bupati Sintang Ajak Masyarakat Taat Bayar Pajak *** Bupati Sintang Dorong SKPD Menindak PNS Bermasalah *** (-PARLEMEN-): Liyus: Masyarakat Perbatasan Belum Merasakan Kemerdekaan *** (-KALBAR-): Kubu Raya Umumkan Hasil Tes CPNS Rabu *** (-KALTIM-): Bupati Penajam Minta Fatwa MA Terkait Honorer *** (-KALTENG-): Pengumuman Tes CPNS Barut Tunggu Panitia Pusat *** (-KALSEL-): Kotabaru Larang Mobil Luar Masuk Saat Harnus

Banner
Banner

Anggota DPD Harapkan Tidak Ada Provokasi Pilkada

Komentar (0)

04 September 2012, 03:28:04 WIB oleh Admin | dilihat: 32 kali

Print

Kalimantan Barat-PONTIANAK, (kalimantan-news) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI mengharapkan pelaksanaan Pemilu kepala daerah Kalimantan Barat bisa berjalan lancar, dan tidak ada provokasi isu yang menimbulkan bentrok antarpendukung dan simpatisan para pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

"Jangan sampai ada provokasi isu, karena ini memilih pemimpin untuk lima tahun ke depan," kata anggota DPD RI dari daerah pemilihan Kalbar, Hairiah, usai menyaksikan rapat paripurna istimewa DPRD Kalbar mengenai penyampaian visi, misi dan program pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kalbar periode 2013-2018 di gedung DPRD Kalbar di Pontianak, Senin.

Ia mengatakan, para pasangan calon dan simpatisan ataupun pendukungnya, hendaknya tidak memunculkan isu yang dapat menimbulkan bentrokan antarpendukung dan dari kampanye hingga usai pemungutan suara dapat berjalan aman.

Sementara kepada masyarakat Kalbar, Hairiah mengingatkan agar memilih pasangan calon gubernur yang memiliki visi dan misi yang realistis.

"Masyarakat dengarkan visi dan misi para calon saat mereka berkampanye, visi dan misi yang masuk akal dan yang penting aplikasinya," kata Hairiah, mengingatkan.

Ketua DPRD Kalbar Minsen juga mengharapkan hal yang sama, yakni pelaksanaan Pilkada Kalbar bisa berjalan damai.

"Kita harapkan pilkada ini berjalan damai dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya.

Sebelum empat pasangan calon yakni urut satu Cornelis-Christiandy Sanjaya, urut dua Armyn Alianyang-Fathan A Rasyid, urut tiga Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid dan urut empat Abang Tambul Husein-Barnabas Simin, secara bergantian menyampaikan visi, misi dan program di depan anggota DPRD, pimpinan partai, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah provinsi, masyarakat dan media massa, mereka juga mendapatkan kalung bunga.

Pengalungan bunga itu dilakukan ketua DPRD dan tiga wakil ketua DPRD. Pengalungan bunga dilakukan dengan harapan pilkada berjalan lancar, aman dan damai.

Pasangan calon tersebut mendapatkan jatah waktu menyampaikan visi, misi dan program sekitar 25 menit. Sehingga rapat paripurna yang dimulai pukul 09.25 WIB sudah berakhir pukul 11.30 WIB.

Jadwal kampanye Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Kalbar sudah menetapkan jadwal kampanye pilkada yang dimulai dengan penyampaian visi, misi dan program pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tersebut.

KPU Kalbar pada 24 Agustus 2012, mengeluarkan Keputusan No. 57/kpts/KPU-PROV/019/2012 tentang Penetapan, jadwal, waktu, tempat pelaksanaan kampanye pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2012.

Pelaksanaan kampanye diadakan pada empat zona. Pada tanggal 4, 5 dan 6 September, pasangan nomor urut dua berkampanye di Zona I meliputi Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, Ketapang dan Kayong Utara.

Sementara di Zona II meliputi Kota Singkawang, Kabupaten Sambas dan Bengkayang menjadi wilayah kampanye pasangan urut tiga. Zona III meliputi Kabupaten Landak, Sanggau dan Sekadau menjadi wilayah kampanye pasangan urut empat, dan Zona IV meliputi Kabupaten Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu menjadi wilayah kampanye pasangan urut satu.

Kemudian tanggal 7,8 dan 9 September, zona I untuk pasangan urut satu, zona II pasangan urut dua, zona III pasangan urut 3, dan zona IV pasangan nomor urut empat. Pada 10, 11, dan 12 September, Zona I menjadi wilayah kampanye pasangan urut empat, Zona II wilayah kampanye pasangan urut satu, Zona II wilayah kampanye pasangan urut dua, dan Zona IV wilayah kampanye pasangan urut tiga.

Tanggal 13 September, KPU Kalbar menyelenggarakan debat publik untuk keempat pasangan calon tersebut.

Kampanye terbuka ataupun rapat umum dapat kembali digelar pada 14, 15, dan 16 September. Untuk Zona I wilayah kampanye pasangan urut tiga, Zona II wilayah kampanye pasangan urut empat, Zona III wilayah kampanye pasangan urut satu dan Zona IV wilayah kampanye pasangan urut dua.

Ketua KPU Kalbar, Ahmad Rabiul Muzammil, menyatakan pembagian zona kampanye tersebut dapat dibaca dan diakses masyarakat Kalbar melalui situs www.kalbar.kpu.go.id. "Silakan diakses website KPU Kalbar untuk mengetahui wilayah kampanye," katanya. (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number