Sintang

KAMIS (23/10/2014): (-SINTANG-): Jalan Rusak Truk Sembako Terguling *** Kontraktor Tuding Konsultan dan Bina Marga Hambat Pekerjaan *** (-SEKADAU-): Bupati Ingin Masyarakat Sadari Makna Nasionalisme *** Sujinem Penderita Tumor Parotis Terharu Dikunjungi Bupati

Banner
Banner

Anggota DPRD Kalbar Jadi 65 Orang

Komentar (0)

27 November 2012, 15:05:46 WIB oleh Admin | dilihat: 58 kali

Print

Kalimantan Barat-PONTIANAK, (kalimantan-news) - Jumlah anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat pada Pemilu 2014 diperkirakan bertambah 10 menjadi 65 orang karena pertambahan jumlah penduduk.

"Jumlah penduduk di Kalbar ada penambahan. Berdasarkan data hingga Oktober 2012, angkanya sudah sekitar 5,45 juta orang," kata Kepala Biro Catatan Sipil dan Kependudukan Setda Kalbar Sopiandi di Pontianak, Selasa.

Ia mengemukakan bahwa pada Rabu (28/11) ia akan berangkat ke Jakarta bersama Gubernur atau Wagub Kalbar untuk menerima penyerahan daftar agregat kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri.

"Menteri akan menyerahkan ke gubernur atau wakil gubernur," kata Sopiandi. Kemudian gubernur akan menyerahkan daftar agregat kependudukan itu ke pemerintah kabupaten dan kota serta komisi pemilihan umum masing-masing. Rencananya pada tanggal 6 Desember mendatang," ungkap Sopiandi.

Menurut dia, daftar agregat kependudukan itu akan menjadi salah satu dasar dalam penentuan jumlah kursi di pemilu legislatif tahun 2014.

Namun, katanya menambahkan, daftar agregat sifatnya juga sementara.

"Karena jumlah penduduk berubah terus. Ada karena pengaruh kelahiran, kematian, migrasi, dan lain sebagainya," kata dia.

Mengenai kemungkinan perbedaan data dengan sensus Badan Pusat Statistik, ia enggan mengomentari.

"Tapi kami akan bekerja sama dengan BPS untuk itu," ujarnya dan menambahkan jumlah anggota DPRD Provinsi Kalbar berdasarkan Pemilu 2009 sebanyak 55 orang.

Menurut dia, di sejumlah daerah di Kalbar, juga terdapat perubahan jumlah kursi DPRD kabupaten/kota.

Di Kabupaten Pontianak misalnya, pengurangan diperkirakan antara 10 - 15 kursi dari sebelumnya 45 kursi karena Kabupaten Pontianak masih digabung dengan Kabupaten Kubu Raya.

Ketua KPU Kabupaten Pontianak Munir Putra mengatakan, saat ini jumlah penduduk di kabupaten itu sekitar 293 ribu jiwa.

"Tergantung, kalau hasil pendataan di atas 300 ribu, maka jumlah anggota DPRD Kabupaten Pontianak 35 orang," ujar dia.

Anggota KPU Kabupaten Bengkayang, Tarmizi mengatakan, penetapan jumlah kursi diperkirakan pada Januari.

"Kalau Bengkayang, jumlah anggota DPRD tetap 30 orang," kata Tarmizi. (das/ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number