Sintang

JUMAT (24/10/2014): (-SINTANG-): Bupati Sintang Lepas Persista U 17 Ke Jember *** Pastikan BBGRM Berjalan, Tim Tinjau Pelaksanaan Gotong Royong *** (-SEKADAU-): Pemkab Sekadau Cari Solusi Berantas Bencana DBD *** (-KALBAR-): Pemkot Pontianak Hijaukan Alun-Alun Kapuas Dengan Pohon *** )-EKONOMI-): Garuda Akan Resmikan Rute Intra Kalimantan *** (KALTIM-): Berau Kembangkan Pusat Pembibitan Ternak Perdesaan *** Samarinda Kembali Diselimuti Kabut Asap *** (-KALTENG-): Presiden MADN: Jangan Terprovokasi Dan Hindari Konflik

Banner
Banner

Pendidikan Harus Optimal Dukung Mura Cerdas 2013

Komentar (1)

12 November 2010, 20:01:06 WIB oleh Admin | dilihat: 45 kali

Print

Kalimantan Tengah -PURUK CAHU(kalimantan-news) - Pembangunan di sektor pendidikan harus mendapat prioritas dan perhatian tidak saja dilakukan pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah namun juga seluruh masyarakat guna terwujudnya program "Mura Cerdas 2013".

"Kegiatan bidang pendidikan harus optimal dan sinergis dengan kondisi di lapangan, sehingga dapat menyentuh kebutuhan masyarakat," kata Wakil Bupati Murung Raya (Mura), Nuryakin di Puruk Cahu, Jumat.

Menurut Nuryakin, guna mendukung program "Mura Cerdas 2013" tersebut maka seluruh pihak yang berkomponen harus memiliki komitmen untuk mewujudkan program tersebut.

Untuk itu, kata dia, perlu adanya kerja keras dari semua pihak khususnya dinas terkait sehingga masyarakat di kabupaten paling pedalaman Sungai Barito ini merasakan kemerdekaan sesungguhnya dari tiga (tiga) K yakni kebodohan, kemiskinan dan keterisolasian.

"Jadi kegiatan penunjang bidang pendidikan itu terutama pembangunan sarana dan prasarana yang harus tetap mengacu kondisi di lapangan, jangan menyalahi aturan yang berlaku," katanya.

Nuryakin menjelaskan, sejumlah pembangunan fisik pada sektor pendidikan harus melihat kebutuhan masyarakat yang nyata di lapangan, karena semuanya untuk kepentingan warga.

Saat ini, katanya, masih banyak sekolah yang perlu mendapatkan perbaikan, seperti kursi dan meja siswa yang sudah tidak layak lagi, sehingga masalah ini segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait.

"Jangan hanya menunggu laporan, karena pembangunan sarana dan prasarana pendidikan ini merupakan salah satu penunjang program Mura Cerdas," katanya.

Selain program peningkatan pendidikan pemerintah di kabupaten paling utara Kalteng ini juga secara bersamaan telah memprogramkan bidang kesehatan sehingga menjadi "Mura Sehat dan Cerdas 2013" yang dicanangkan Gubernur Kalteng Teras Narang pada 2 Mei 2010.

Program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan dan pendidikan ini telah dilakukan sejumlah kegiatan diantaranya seminar sebagai bentuk keseriusan pemerintah di kabupaten yang kaya akan sumber daya alam berupa tambang emas, batu bara dan kayu itu.

"Program ini kami awali dengan usia dini, karena taman kanak-kanak dapat membentuk karakter anak untuk mulai memahami pengenalan huruf awal dari kecerdasan dan tata krama serta akhlak," jelas dia.

Fondasi Mura Cerdas akan diawali dengan menempatkan satu Taman Kanak Kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), persiapan posyandu serta Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) masing masing sekolah di setiap desa di Murung Raya.

Meskipun sarana infrastruktur gedung sekolah yang sifatnya sementara, kata dia, baik di rumah penduduk, kantor desa, bahkan di alam bebas sekali pun, tidak membuat program ini menjadi hambatan.

"Pemerintah daerah optimis program Mura Cerdas dan Mura Sehat 2013 akan berhasil asal seluruh masyarakat memberikan sumbangsih dan dukungan yang maksimal dan didukung oleh beberapa syarat," kata Nuryakin.(ant)

Komentar (1)

Beri Komentar
  • LUKMANUL HAKIM, SE

    LUKMANUL HAKIM, SE:

    20 November 2010, 16:50:48 WIB

    Mura Cerdas harus kita dukung karena untuk meningkatkan harkat dan martabat Mura, ingat untuk merubah mura harus pola pikir masyarakatnya dulu yang kita rubah dengan kata lain Mainset, kalo mereka cerdas tingkat kesehatan dan income perkapitanya akan otomatis meningkat, MERDEKA.....

Beri Komentar




Security Number