Sintang

JUM'AT (25/07/2014): (-KALIMANTAN BARAT-): Posko Kesehatan Periksa Urine Sopir *** Dinas Peternakan Ingatkan Warga Teliti Sebelum Membeli *** (-KALIMANTAN TIMUR-): Pemkab Kutai Timur Gelar Open House Lebaran *** Guru Samarinda Dilarang Takbiran Keliling *** (-KALIMANTAN TENGAH-): Masyarakat Diminta Waspada Penyakit Saat Lebaran *** (-KALIMANTAN SELATAN-): Masyarakat Diimbau Belanja Tak Berlebihan *** Tabalong Kembangkan Aren Sebagai Produk Unggulan

Banner
Banner

Perkebunan Karet Mengalami Peningkatan

Komentar (3)

02 April 2013, 11:22:58 WIB oleh Taufik | dilihat: 16 kali

Print

Sintang-KOTA, (kalimantan-news) - Luas Perkebunan Karet di Kabupaten Sintang terus mengalami peningkatan signifikan bahkan lebih luas dari Perkebunan Sawit, sesuai data Badan Pusat statistic Kabupaten Sintang terdapat 84.154 hektar karet sementara perkebunan Sawit yang sudah menghasilkan 33.221 Hektar dari total perkebunan Sawit yang ada seluas 78.053 Hektar.

Kepala Seksi Produksi Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang Momon Herwanto, SE mengatakan data ini sesuai Sensus yang dilakukan BPS pada tahun 2012.
“ Memang terjadi pergeseran lahan Pertanian darat menjadi lahan perkebunan baik sawit maupun karet namun jumlahnya tidak secara signifikan, sementara lahan persawahan tidak berubah bahkan bertambah. “ Ujar Momon.

BPS menurut Momon tidak membedakan lahan pertanian maupun perkebunan dalam penggunaanya sehingga dalam Sensus Pertanian yang akan di gelar 1 hingga 31 Mei 2013 mendatang.

Plh Kepala BPS Sintang Pardi Lugiman mengatakan Tujuan Pelaksanaan sensus Pertanian untuk mendapatkan data statistic pertanian terkini yang lengkap dan akurat sebagai gambaran struktur pertanian di Indonesia, data tersebut di perlukan untuk mengevaluasi dan menyusun perencanaan pembangunan Pertanian di Indonesia.

Menurut Pardi Luginam Kabupaten Sintang menurunkan 528 petugas pendata yang tersebar pada 14 Kecamatan di Kabupaten Sintang.

Cakupan sensus Pertanian 2013 meliputi seluruh usaha pertanian di subsector tanaman pangan . Holtikultura ( Sayuran, buah-buahan, Tanaman Hias, dan Tanaman obat), Perkebunan, Peternakan , Perikanan dan Kehutanan baik pada rumah tangga, perusahaan maupun pesantren/seminari, lembaga pemasyarakatan, barak militer, dan kelompok usaha bersama. (das/Th)

Komentar (3)

Beri Komentar
  • chandra

    chandra:

    04 April 2013, 07:24:50 WIB

    harusnya denga adanya peningkatan luas perkebunan karet,pemerintah harus bisa berperan penting dalam pemasaran.Karena rasanya tdk mungkin harga karet bisa turun drastis,sedangkn kegunaannya bayak s\'kali,jika pmritah tdk bisa mngatasi hal ini,maka k\'sjahtraan rakya kita(petani karet) akan s\'makin mrosot percuma luas pkebunan karet,klau pmasarannya tidak mnggimbangi.

  • nayong

    nayong:

    19 April 2013, 07:15:21 WIB

    harga karet turun smentara harga bahan pokok gx turun2... entah tak terhitung keluhan warga petani karet

  • ghost

    ghost :

    10 Juni 2013, 04:28:21 WIB

    ayoo pemerintah harus bekerja lebih keras lagi.... kasian para petani karet selalu hidup dengan jeritan... ini adalah tugas pemerintah untuk memperjuangkan rakyat nya,,, khususnya petani karet...

Beri Komentar




Security Number