Sintang

JUM'AT (25/07/2014): (-KALIMANTAN BARAT-): Posko Kesehatan Periksa Urine Sopir *** Dinas Peternakan Ingatkan Warga Teliti Sebelum Membeli *** (-KALIMANTAN TIMUR-): Pemkab Kutai Timur Gelar Open House Lebaran *** Guru Samarinda Dilarang Takbiran Keliling *** (-KALIMANTAN TENGAH-): Masyarakat Diminta Waspada Penyakit Saat Lebaran *** (-KALIMANTAN SELATAN-): Masyarakat Diimbau Belanja Tak Berlebihan *** Tabalong Kembangkan Aren Sebagai Produk Unggulan

Banner
Banner

Harga Sarang Burung Walet Di Kotim Lesu

Komentar (8)

19 April 2013, 12:20:33 WIB oleh Admin | dilihat: 32 kali

Print

Kalimantan Tengah - KOTAWARINGIN TIMUR, (kalimantan-news) - Harga sarang burung walet yang lesu dalam beberapa pekan terakhir, membuat sebagian pengusaha di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah terlihat belum memberi motivasi bagi pengembangan bisnis tersebut.

"Harganya masih rendah dan bahkan saya dengar ada yang mau menjualnya. Sekarang semakin banyak bangunan sarang walet, mungkin peredaran sarang walet banyak sehingga harganya murah," kata seorang pengusaha walet Iwan di Sampit, Jumat.

Harga sarang walet beloncong berkualitas campuran tanpa dipilah antara Rp3-Rp4 juta/Kg, sedangkan yang kualitas bagus Rp5 juta/Kg. Harga ini jauh lebih rendah dibanding beberapa tahun lalu, mencapai Rp15 juta/Kg.

Rendahnya harga sarang burung walet membuat pengusaha malas mengontrol usahanya. Pembangunan gedung walet baru pun nyaris tidak ada karena pengusaha takut rugi, apalagi investasi untuk satu gedung pembudidayaan mencapai ratusan juta rupiah.

"Saya sendiri tidak memeriksa walet saya karena harganya rendah sehingga kurang bergairah, padahal kalau tidak dipanen sesuai jadwal, kualitasnya akan berkurang," katanya.

Terpuruknya harga sarang burung walet ini terjadi setahun terakhir sehingga cukup membuat pengusaha tidak nyaman. Terlebih bagi mereka yang baru memulai usaha ini tentu cukup terpukul karena kondisi saat ini jauh dari yang mereka bayangkan sebelumnya.

Dia mengatakan, tidak sedikit pengusaha yang meminjam modalnya di bank sehingga harus bersabar mengembalikan karena harga sarang walet sedang lesu.

Saat harganya belasan juta rupiah per kilogram, masyarakat ramai-ramai menanam investasinya. Ada yang sengaja mengeluarkan modal besar membangun gedung permanen layaknya hotel, namun tidak sedikit pula yang memanfaatkan sebagian atas rumah bagi penangkaran walet.

Bangunan gedung sarang walet paling banyak terdapat di Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, daerah yang konon merupakan asal berkembangnya bisnis sarang walet.

Namun saat ini ratusan bangunan sarang burung walet terdapat di pusat kota Sampit, bahkan di kawasan pasar. Bagian dasar bangunan dimanfaatkan untuk bisnis, sedangkan di bagian atas digunakan untuk budidaya sarang burung walet.

"Kondisi harga sekarang membuat pengusaha kesulitan. Saat harga anjlok tahun lalu, banyak pengusaha mencoba peruntungan dengan membeli lahan sawit. Kini mereka kembali risau karena harga sawit juga turun," kata Iwan. (das/ant)


Komentar (8)

Beri Komentar
  • riyanto

    riyanto:

    01 Mei 2013, 08:47:05 WIB

    sma2 membutuhkan modal besar klo memang budidaya walet trun drastis apa tdak lbih baik kta coba budidaya ayam broiler aja dngan sistim kemitra\'an bkerja sama dngan prusaha\'an atau pt yg sdang berkembang seperti pt reza perkasa atau pokpand dll yg kni mulai menunjukan perkembangan yg pesat.mator suwon trimakasih

  • jomblo

    jomblo:

    03 Juni 2013, 09:10:03 WIB

    harga sarang walet yang turun hanya harga di peternak, kalau distributor tetap aja sekitar 20jt an per kilonya

  • Bouer sasak

    Bouer sasak:

    15 Juni 2013, 17:32:37 WIB

    Terus gemana jln kluarnya,agar petani walet tdk kecewa

  • arifin

    arifin:

    04 September 2013, 09:32:31 WIB

    saya menerima sarang burung walet
    mangkok dan patahan besar
    mangkok ukuran 2,5 jari up
    warna putih (kapas,beras,mutiara)
    kadar air 3-4%
    menerima s/d jumlah 400kg/bln

  • arifin

    arifin:

    04 September 2013, 09:40:52 WIB

    silahkan hub 081326253736
    087837870833
    08882488700
    arifin

  • Jimmy Surjanto

    Jimmy Surjanto:

    21 Januari 2014, 02:55:03 WIB

    Saya jual ada sarang walet yg produksi 4 - 5 kg tiap 2 bulan, klo ada yg minat beli harga bagus coba bikin penawaran ke saya. hp : 08161891502 atau pin BB 27F825E5.

  • maybe

    maybe:

    27 Januari 2014, 06:53:23 WIB

    Pak riyanto,,tlg donk share infonya tentang usaha ayam broiler sistem kemitraan,,srta perusahaan yg direkomendasikan utk bermitra,,trimakasih
    Bisa emai ke adietya_maasy@yahoo.co.id

  • maybe

    maybe:

    27 Januari 2014, 06:53:25 WIB

    Pak riyanto,,tlg donk share infonya tentang usaha ayam broiler sistem kemitraan,,srta perusahaan yg direkomendasikan utk bermitra,,trimakasih
    Bisa emai ke adietya_maasy@yahoo.co.id

Beri Komentar




Security Number