Sintang

SELAMAT HARI RAYA NATAL 25 DESEMBER 2014 DAN SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU 2015

Banner
Banner

Betang Lubuk Pantak Tetap Jadi Cagar Budaya

Komentar (0)

02 Mei 2013, 14:57:49 WIB oleh Kris Lucas | dilihat: 160 kali

Print
Betang Lubuk Pantak Tetap Jadi Cagar Budaya

Sintang - KETUNGAU HULU, (kalimantan-news) - Warga Dusun Lubuk Pantak Desa Sebetung Paluk boleh kembali bernafas lega. Pasalnya, simpang-siur mengenai status dari Rumah Panjang (Betang) mereka, telah diluruskan kembali oleh Bupati Sintang, Milton Crosby.

Betang Lubuk Pantak di Kecamatan Ketungau Hulu ini, telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya dalam SK Bupati Sintang No. 114 Tahun 2010 Tentang Penetapan Benda Cagar Budaya Atau Situs Yang Terdapat Di Kabupaten Sintang. Namun dalam perjalanannya, telah terjadi kesimpang-siuran atas statusnya, dan terancam tercoret dari daftar Cagar Budaya karena usianya belum diatas 50 tahun. Kepala Desa Sebetung Paluk, Nyambang Basuki, sempat dibuat sibuk memperjuangkan pengembalian status ini.

Terdapat 14 Cagar Budaya dan Situs, yang telah ditetapkan dalam SK Bupati tersebut. Keraton Raja Sintang; Masjid Jami’ Sultan Nata; Makam Djubair, Ade Irawan II, dan Panembahan Ade Muhamad Djoen; Makam Sultan Nata Muhamad Sjamsuddin; Makam Raja-Raja; Makam Aji Melayu, Batu Lingga Yoni, Batu Nandi; Batu Lingga Yoni Dara Muning; Rumah Betang Ensaid Panjang; Makam Apang Semangai; Makam Panggi Agung; Prasasti Batu Harimau; Makam Pangeran Kuning; Batu Lingga Yoni dan Arca Gusar Putung Kempat.

Menurut Milton Crosby, saat ditemui terkait hal tersebut hari Kamis (2/5/2013), dirinya berjanji akan tetap mempertahankan status Betang Sebetung Paluk sebagai Cagar Budaya. Karena Betang ini nantinya juga akan menjadi daya tarik pariwisata.

“Betang tersebut, meskipun usianya baru mendekati 50 tahun, akan tetap dipertahankan sebagai Cagar Budaya. Sekarang rumah Betang sudah semakin langka, dan orang-orang luar negeri biasanya lebih menyenangi hal-hal yang asli. Bahkan Rumah Dinas Bupati Sintang yang peninggalan jaman Belanda ini, juga akan ditetapkan sebagai Cagar Budaya,” tegasnya. (das/Luc)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number