Sintang

JUMAT (24/10/2014): (-SINTANG-): Bupati Sintang Lepas Persista U 17 Ke Jember *** Pastikan BBGRM Berjalan, Tim Tinjau Pelaksanaan Gotong Royong *** (-SEKADAU-): Pemkab Sekadau Cari Solusi Berantas Bencana DBD *** (-KALBAR-): Pemkot Pontianak Hijaukan Alun-Alun Kapuas Dengan Pohon *** )-EKONOMI-): Garuda Akan Resmikan Rute Intra Kalimantan *** (KALTIM-): Berau Kembangkan Pusat Pembibitan Ternak Perdesaan *** Samarinda Kembali Diselimuti Kabut Asap *** (-KALTENG-): Presiden MADN: Jangan Terprovokasi Dan Hindari Konflik

Banner
Banner

Cargill Raih Penghargaan Kecelakaan Nihil

Komentar (0)

06 Mei 2013, 13:34:28 WIB oleh Admin | dilihat: 36 kali

Print

Kalimantan Barat - PONTIANAK, (kalimantan-news) - Cargill Grup melalui anak perusahaannya di bidang perkebunan kelapa sawit, PT Hindoli, mendapat Penghargaan Kecelakaan Nihil K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Menurut Chief Operating Officer Cargill Tropical Palm, John Hartmann saat dihubungi di Pontianak, Senin, penghargaan kecelakaan nihil untuk PT Hindoli diberikan setelah perusahaan menerima penghargaan Best Investor dari Pemprov Kalimantan Barat.

Penghargaan dari Pemprov Kalbar itu untuk perkebunan kelapa sawit Cargill di Kalimantan, PT Harapan Sawit Lestari (HSL) karena pencapaiannya dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR); teknologi dalam manajemen lingkungan; inisiatif karyawan-perusahaan dan praktik jabatan; serta stabilitas bisnis dan kepatuhan terhadap peraturan.

Penghargaan Best Investor untuk PT HSL Desembar tahun lalu menandai tiga tahun berturut-turut Cargill mendapatkan penghargaan di Indonesia.

Ia melanjutkan, program-program K3 akan terus menjadi prioritas dan sejalan dengan fokus global Cargill kepada kesehatan dan keselamatan lingkungan dan pekerjaan, proses dan manajemen risiko.

"Kami meningkatkan program keselamatan kami di semua perkebunan melalui pendekatan baru yang disebut Focus on LIFE (Life-altering Injury and Fatality Elimination), yang akan membantu kami mengenali dan mengatasi potensi bahaya-bahaya yang mengancam keselamatan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan di tempat kerja," ujar dia.

Selain itu, ia menambahkan, pihaknya juga berusaha untuk meningkatkan intervensi-intervensi aktivitas kerja, mengurangi kesalahan manusia, memperkuat investigasi kecelakaan, dan meningkatkan cara mengukur insiden keselamatan.

Kriteria untuk Penghargaan Kecelakaan Nihil di antaranya adalah jumlah jam kerja tanpa kecelakaan, komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan inisiatif-inisiatif lingkungan, kesehatan dan keselamatan (Environment, Healthy, and Safety) dan kesejahteraan karyawan.

Penghargaan itu diserahkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, dalam upacara penyerahan Penghargaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Jakarta tanggal akhir April lalu. PT Hindoli yang berbasis di Sumatera Selatan itu, meraih kecelakaan nihil dalam kurun waktu 10 juta jam kerja.

Ia melanjutkan, Menteri Muhaimin Iskandar juga memberi apresiasi terhadap PT Hindoli atas program-program K3, yang menekankan pada penyelidikan dan pelaporan kecelakaan, keselamatan tempat kerja, pelatihan karyawan dan darurat medis dan perencanaan respon, serta pemeriksaan kesehatan teratur untuk semua karyawan.

Sementara Presiden Direktur PT Hindoli, Anthony Yeow mengaku merasa terhormat terkait upaya dalam menjaga keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja untuk karyawannya yang diakui oleh pemerintah.

"Komitmen kami terhadap keselamatan adalah refleksi dari rasa hormat kami terhadap karyawan kami. Tujuan kami adalah memastikan bahwa mereka selamat kembali ke rumah tiap harinya," kata Anthony Yeow.

Cargill menargetkan pada tahun 2015, meraih fatalitas nihil karyawan dan kontraktor, cedera nihil di 75 persen dari lebih 1.200 lokasi operasional di seluruh dunia, dan Laju Frekuensi Cedera Yang Dilaporkan (Reportable Injury Frequency Rate (RIFR)) - jumlah cedera per 200.000 jam kerja - sejumlah 2.0.

Pihak Cargill percaya bahwa melaksanakan program-program K3 dengan efektif membantu mencapai target-target yang telah ditetapkan tersebut.

Penghargaan K3 diberikan kepada perusahaan dari empat industri yang berbeda - minyak dan gas, kayu lapis dan semen, pertambangan, serta pertanian - yang memenuhi persyaratan dalam memastikan lingkungan kerja yang aman.

Cargill adalah salah satu dari empat perusahaan di wilayah Musi Banyuasin di Sumatra Selatan dan satu dari 20 perusahaan, dari lebih 6.000 yang direkomendasikan oleh pemerintah kabupaten setempat untuk menerima penghargaan kecelakaan nihil.

Cargill sebelumnya diakui oleh rekan-rekan dalam industri karena pencapaiannya dalam Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan, termasuk Perkebunan Terbaik dalam Pengelolaan Keselamatan yang diberikan oleh DuPont Agriculture kepada PT Hindoli April 2011.

Diantara fasilitas Cargill di dunia, pabrik PT Hindoli - Sungai Lilin dan Tanjung Dalam - diakui karena Keunggulan dalam Keselamatan atau Safety Excellence (kategori Fasilitas Besar) pada Januari 2012. (das/ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number