Sintang

KAMIS (24/04/2014): (-PARLEMEN-): DPRD Kalsel Rekomendasikan Pemprov Tambah Rumah Sakit *** DPRD Minta Pemprov Kalsel Selesaikan Masalah Perbatasan *** (-KALIMANTAN SELATAN-): Pemerintah Daerah Diminta Konsisten Lindungi Lahan Pertanian *** Tabalong Kembangkan Budi Daya Padi Metode Sri *** (-KALIMANTAN TENGAH-): PWI Kalteng Gelar Pelatihan Teknologi Informatika *** Bupati Percayakan Pembahasan Provinsi Kotawaringin Ke Tim *** Perwakilan Mahasiswa Se-Kalteng Desak Penyelesaian Sengketa Lahan *** (-SPORT-): Persiapan Porprov Bikin KONI Kaltim "Galau" *** (-KALIMANTAN UTARA-): Malaysia Pulangkan 97 TKI Bermasalah Via Nunukan *** (-KALIMANTAN TIMUR-): Bupati: PDAM Harus Sigap Respon Keluhan Pelanggan *** (-KALIMANTAN BARAT-): Pontianak Wakili Kalbar Ke Fasi Nasional *** Mahasiswa UPN Akan KKN Di Perbatasan Entikong *** (-EKONOMI-): Pemkot Pontianak Berencana Perluas Pelabuhan Senghie *** (-PEMILU-): Polisi Tetapkan Komisioner KPU Kutai Timur Tersangka *** Rapat Pleno KPU Provinsi Kalbar Dihentikan Sementara

Banner
Banner

Untan Tambah 23 Prodi Baru

Komentar (1)

20 Mei 2013, 13:46:43 WIB oleh Admin

Print

Kalimantan Barat - PONTIANAK, (kalimantan-news) - Universitas Tanjungpura Pontianak akan membuka 23 program studi baru, baik jenjang strata satu maupun strata dua serta diploma yang telah disetujui oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Saat ini sudah ada 64 program studi di Untan," kata Rektor Untan Prof Thamrin Usman DEA saat Dies Natalis ke-54 Untan di Pontianak, Senin.

Menurut dia, program studi baru tersebut juga mencakup pendidikan profesi, sehingga di Untan akan semakin lengkap pilihan bagi lulusan sekolah menengah atas maupun S1.

"Nantinya, program studi tersebut yang berkaitan erat dengan kebutuhan di daerah ini," kata dia.

Ia mencontohkan, dulu di Kalbar memimpikan adanya pendidikan untuk teknik pertambangan, kimia, mesin termasuk jenjang S2.

Program studi yang akan dibuka tersebut antara lain untuk S1 ilmu statistika, ilmu dan teknologi pangan, ilmu kelautan, bioteknologi, peternakan, telekomunikasi, rekayasa perangkat lunak, teknik kelautan, perencanaan wilayah dan kota, teknik mesin, teknik multimedia dan jaringan, teknik kimia, teknik pertambangan, dan teknik perminyakan.

Sedangkan untuk program studi Diploma IV, yakni Geofisika dan administrasi kantor perkebunan.

Di jenjang S2, untuk biologi, ilmu kehutanan, agroteknologi, ilmu lingkungan dan pendidikan guru sekolah dasar. Sementara untuk profesi, untuk apoteker (Apt) dan Ners (Ns).

Ia melanjutkan, beberapa tahun ke depan, Untan juga akan menambah 14 program studi baru yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Kalbar.

Misalnya pendidikan sejarah, ilmu hubungan internasional, antropologi sosial, kepelatihan olahraga, perpustakaan, pendidikan geografi dan sejarah, S3 ilmu ekonomi dan manajemen, serta S2 akuntansi.

Saat ini, sebanyak 49 program studi dari 64 program studi di Untan telah terakreditasi. Sebanyak 22 di antaranya terakreditasi B, 27 terakreditasi C, dan 15 program studi belum terakreditasi. (das/ant)

Komentar (1)

Beri Komentar
  • Edo widarta

    Edo widarta:

    12 Agustus 2013, 04:07:44 WIB

    Bagaimana prospek kerja di bidang tata wilayah kota(TWK), khusus nya di pontianak atau kalbar???
    Apa kah sudah ada??

Beri Komentar




Security Number