Sintang

KAMIS (24/04/2014): (-PARLEMEN-): DPRD Kalsel Rekomendasikan Pemprov Tambah Rumah Sakit *** DPRD Minta Pemprov Kalsel Selesaikan Masalah Perbatasan *** (-KALIMANTAN SELATAN-): Pemerintah Daerah Diminta Konsisten Lindungi Lahan Pertanian *** Tabalong Kembangkan Budi Daya Padi Metode Sri *** (-KALIMANTAN TENGAH-): PWI Kalteng Gelar Pelatihan Teknologi Informatika *** Bupati Percayakan Pembahasan Provinsi Kotawaringin Ke Tim *** Perwakilan Mahasiswa Se-Kalteng Desak Penyelesaian Sengketa Lahan *** (-SPORT-): Persiapan Porprov Bikin KONI Kaltim "Galau" *** (-KALIMANTAN UTARA-): Malaysia Pulangkan 97 TKI Bermasalah Via Nunukan *** (-KALIMANTAN TIMUR-): Bupati: PDAM Harus Sigap Respon Keluhan Pelanggan *** (-KALIMANTAN BARAT-): Pontianak Wakili Kalbar Ke Fasi Nasional *** Mahasiswa UPN Akan KKN Di Perbatasan Entikong *** (-EKONOMI-): Pemkot Pontianak Berencana Perluas Pelabuhan Senghie *** (-PEMILU-): Polisi Tetapkan Komisioner KPU Kutai Timur Tersangka *** Rapat Pleno KPU Provinsi Kalbar Dihentikan Sementara

Banner
Banner

Pemkab Sintang Segera Fungsikan Pelabuhan Sungai Ringin

Komentar (0)

20 November 2010, 21:04:49 WIB oleh Admin

Print
Pemkab Sintang Segera Fungsikan Pelabuhan Sungai Ringin

Sintang-TEMPUNAK, (kalimantan-news) - Pemerintah Kabupaten Sintang akan segera memfungsikan pelabuhan Sungai Ringin yang terletak di pinggiran Sungai Kapuas di jalan Sintang-Tempunak.

"Sejumlah infratruktur pelabuhan sudah selesai dibangun dan bupati bilang akan segera memfungsikan pelabuhan itu," kata Kepala Seksi Perpakiran, Terminal dan Steiger Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, Suriyadi di Sintang, Jumat (19/11/2010).

Bupati sintang didampingi sejumlah staf meninjau Pelabuhan Sungai Ringin yang sedianya akan digunakan untuk bongkar muat barang skala besar.

Menurut Suriyadi, salah satu kendala yang membuat Pelabuhan Sungai Ringin belum bisa operasional saat ini adalah kondisi jalan masuk menuju pelabuhan yang masih belum bagus.

"Jalan yang bagus adalah kebutuhan untuk memfungsikan pelabuhan mengingat kendaraan yang akan melintas di jalan itu rata-rata berkapasitas besar," imbuhnya.

Ia mengatakan terhadap masalah jalan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum yang saat ini juga sudah mulai melakukan proses peningkatan kualitas jalan.

"Harapan kita tentunya jalan bisa cepat selesai sehingga pelabuhan bisa segera difungsikan," katanya.

Ia mengatakan, secara umum kebutuhan bangunan untuk operasional pelabuhan sudah memadai, namun masih harus didukung oleh beberapa fasilitas lainnya terutama untuk bongkar muat barang.

"Salah satunya adalah menyiapkan crane dan lapangan yang luas untuk aktivitas bongkar muat barang," ujarnya.

Bupati Sintang, Milton Crosby mengharapkan agar pelabuhan yang sudah dibangun dengan dana yang tidak sedikit ini bisa segera berfungsi untuk mendukung perkembangan perekonomian daerah.

"Sintang ini kita harapkan jadi sentra pembangunan di wilayah timur Kalbar apalagi Sintang akan jadi ibukota Provinsi Kapuas Raya sehingga sejumlah sarana pendukung juga harus disiapkan sejak awal," ucapnya.

Menurutnya, selain pelabuhan Sungai Ringin, saat ini pemerintrah kabupaten Sintang juga sedang menyiapkan pembangunan bandara baru berskala besar di Kecamatan Sungai Tebelian dan juga rumah sakit rujukan bagi kawasan timur Kalbar.

"Sebagai calon provinsi baru tentunya semua sarana pendukung ini harus disiapkan sehinga ketika provinsi ini jadi, kita tinggal melengkapi sarana pendukung yang sudah ada dan menambah sarana yang baru," kata dia. (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number