Sintang

SELAMAT HARI RAYA NATAL 25 DESEMBER 2014 DAN SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU 2015

Banner
Banner

Harga Beras Di Kota Pontianak Naik 10 Bersen

Komentar (0)

27 November 2010, 03:39:45 WIB oleh Admin | dilihat: 57 kali

Print

Kalimantan Barat-PONTIANAK, (kalimantan-news) - Harga beras di sejumlah pasar tradisional Kota Pontianak naik 10 persen yang sebelumnya per karung Rp175 ribu menjadi Rp185 ribu per karung.

"Sejak sepekan terakhir, berbagai kebutuhan pokok asal Pulau Jawa seperti beras mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Beras naik 10 persen atau sekitar Rp10 ribu/kilgram," kata Nawerah (42) seorang pedagang berbagai kebutuhan pokok di Pasar Flamboyan Pontianak, Jumat (26/11/2010).

Nawerah juga menjelaskan, kenaikan harga beras tersebut bervariasi. Beras merek Pandan Wangi yang sebelumnya harganya Rp175 ribu/kilogram sekarang Rp185 ribu/kilogram, sedangkan beras kampung sekarang Rp300ribu per karung sekarang Rp325 ribu per karung.

"Malah untuk beras kampung kenaikan cukup signifikan dan ini salah satu menjadi faktor turunya omset yang kami dapatkan setiap harinya dan para komsumen juga seringkali mengeluh," ungkapnya.

Ini disebabkan, jelas Nawerah, pengaruh terhambatnya distribusi dari Pulau Jawa akibat gelombang tinggi ke provinsi itu dan hambatan itu biasanya setiap tahun sering kami alami sebab untuk di Kalimantan Barat, gelombang pada Oktober hingga Desember memang tinggi.

"Kami berharap, harga kebutuhan pokok tidak mengalami kenaikan lagi, karena kalau naik maka akan berpengaruh pada berkurangnya permintaan dan pastinya para pedagang akan mengeluhkan hal ini karena bisa dipastikan setiap tahunnya ada kenaikan walaupun tidak banyak," keluh Nawerah.

Begitu juga yang dikatakan salah seorang pedagang sembako di pasar Dahlia, SUngai Jawi, Asiong (35) lebih baik harga stabil, kami nyaman menjual, kesejahteraan petani meningkat, dan masyarakat sebagai konsumen tidak keberatan untuk membeli.

Iin Parlina (27) seorang ibu rumah tangga yang juga mengeluhkan kenaikan sejumlah bahan pokok seperti beras dan lain-lain.

"Biasanya, setiap hari untuk kebutuhan pokok di rumah itu memang sudah dijatah paling sebesar Rp50 ribu," kata Iin Parlina. (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number