Sintang

SELASA (23/09/2014):(-SINTANG-): Rangka Baja Jembatan Sungai Arak Tiba Di Ketungau *** Pramuka Kurikulum 2013 Wajib di Ikuti Siswa *** (-MELAWI-): Waspada, Banyak Oknum Jual Abate Palsu *** Pembangunan Kantor Bupati Melawi Berlanjut Pada 2015 *** Firman Tak Permasalahkan Pemilihan Langsung Atau Lewat DPRD

Banner
Banner

Perlombaan Seni Meriahkan Festival Budaya Melayu

Komentar (0)

03 Desember 2010, 04:05:39 WIB oleh Admin | dilihat: 23 kali

Print

Kalimantan Barat-PONTIANAK, (kalimantan-news) - Perlombaan seni dan budaya akan memeriahkan Festival Seni dan Budaya Melayu VI, pada 14 - 18 Desember di Komplek Rumah Melayu Kalimantan Barat.

Ketua FSBM VI Awang Sofian Razali, di Pontianak, Kamis (02/12/2010) mengatakan akan mempersembahkan belasan pelombaan seni dan pameran mengenai seni dan adat budaya Melayu pada FSBM VI itu.

Adapun jenis perlombaan seni tersebut, di antaranya musik, tari, sastra, tata rias dan busana Melayu, kemudian perlombaan olahraga tradisional, arsitektur Melayu, adat istiadat, serta seni lukis.

Dari berbagai perlombaan itu, ada beberapa jenis yang akan diikuti seluruh utusan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) kabupaten/kota, di antaranya pelombaan lagu-lagu Melayu, vokal group lagu daerah, seni hadrah, syair Melayu, berbalas pantun, bertutur, busana Melayu tingkat anak-anak, merias pengantin Melayu, sampan bidar, seni silat, dan pameran.

Selain itu, juga dilakukan perlombaan bagaimana mengemas berbagai upacara menurut adat Melayu, seperti upacara adat tepung tawar, seni lukis, merancang motif Melayu, seminar, pameran buku, pameran lukisan, dan bedah buku, katanya.

"Kami juga akan menampilkan gerai kuliner khas Melayu, dan berbagai kerajinan," kata Awang.

Ketua FSBM VI Kalbar menyatakan, peserta luar negeri juga akan memeriahkan festival itu yakni dari Malaysia dan Brunei Darussalam.

"Kami telah menyampaikan undangan kepada pengurus Budaya Melayu di dua negara itu," ujarnya.

Festival Seni dan Budaya Melayu VI Kalbar tahun 2010 mengambil tema "Mencapai Cita-cita dan Memperteguh Marwah Dengan Tujuan Melestarikan Seni Budaya Melayu" sebagai unsur penting kekuatan budaya nasional, sarana aktivitas orang Melayu untuk akrab dengan kebudayaan sendiri sehingga tidak tercerabut akar budayanya.

FSBM juga diharapkan, mampu memperteguh marwah dan jati diri masyarakat Melayu dengan seni dan budaya, sarana harmonisasi masyarakat Melayu dan masyarakat non-Melayu baik lokal, nasional, dan mancanegara, hiburan, dan membantu pemerintah daerah dalam menjaga ketahanan yang berimbas kepada kualitas pengelolaan sumber daya manusia di provinsi Kalbar. (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number