Sintang

JUM'AT (17/10/2014): (-SINTANG-): 29 Ribu KTP Elektronik Sintang Belum Tercetak *** Penyandang Disabilitas Sintang Dapat Bantuan KUBE *** Bupati Sintang Lepas Peserta Konvensi Misi GKII Nasional *** Bupati Sintang Buka Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi *** (-SEKADAU-): DBD Mewabah, Dalam Sepekan Belasan Kasus Terdeteksi *** Terima Penghargaan Upakarti, Tika : Ini Hasil Dukungan Pemda, dan Masyarakat *** Wabup Hadir Pencanangan KG-PKK, KB-Kes, dan Gemar Makan Ikan di Entikong

Banner
Banner

Pembangunan Kalteng Butuh Dukungan SDM Berkualitas

Komentar (0)

21 Desember 2010, 02:38:15 WIB oleh Admin | dilihat: 22 kali

Print

Kalimantan Tengah-PALANGKA RAYA (kalimantan-news) - Proses pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah membutuhkan dukungan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan unggul, kata Asisten III Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalteng Drs Hardy Rampay di Palangka Raya, Senin.

SDM berkualitas dan nunggul merupakan faktor dan memegang peranan sangat penting dalam keberhasilan proses pembangunan," ucapnya.

SDM berkualitas erat hubungannya dengan pembentukan masyarakat Indonesia yang berahklak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, beradab, dan bangsa yang berdaya saing untuk mencapai masyarakat yang lebih makmur serta sejahtera.

Secara komposit peningkatan kualitas SDM ditandai oleh makin membaiknya indeks pembangunan manusia (IPM) yang merupakan indikator komposit status kesehatan dilihat dari angka harapan hidup saat lahir.

Taraf pendidikan yang diukur dengan angka melek huruf penduduk dewasa dan gabungan angka partisipasi kasar jenajng pendidikan dasar, menengah, dan tinggi maupun taraf perekonomian penduduk.

Diutarakannya, berdasarkan angka statistik, IPM di Kalteng dalam dua tahun terakhir berada di posisi 73,88 persen tahun 2008 dan 74,36 persen pada tahun 2009. Selain itu salah satu tokak ukur untuk menilai peningkatan kualitas SDM dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi penduduk.

Capaian Kalteng yang secara ekonomi tumbuh di atas rata-rata nasional dan provinsi di Kalimantan, merupakan prestasi tersendiri,? teranngnya.

Dijelaskannya, perlu digarisbawahi, pada tahun 2009 Kalteng tetap mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi 5,48 persen, berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 4,5 persen.

Di tengah suramnya ekonomi dunia akibat imbas dari krisis ekonomi global, Kalteng masih bisa bertahan dan dapat berkembang di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Kemudian, sambung dia, fakta tersebut menunjukan, selain memiliki tingkat pertumbuhan yang konsisten dan stabil, ekonomo Kalteng juga relative kuat menghadapi krisis global karena pertumbuhan tersebut didasarkan atas pilar-pilar ekonomi lokal yang dapat bertahan di tengah krisis ekonomi dunia.

Sumber pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan harus berasal dari peningkatan produktifitas. Peningkatan produktifitas sangat ditentukan oleh peningkatan SDM, terutama penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, katanya. (das/ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number