Sintang

RABU (23/07/2014): (-SINTANG-):Pacu Semangat Wajib Pajak, Dispenda Akan Bagi-Bagi Reward Menarik *** (-KALIMANTAN BARAT-): Pemkot Pontianak Sanksi Tegas PNS Perpanjang Libur *** Kalbar Catat 716 Kasus Kekerasan Perempuan-Anak *** (-KALIMANTAN UTARA-): Pemkab Nunukan Akui Kesulitan Datangkan Sapi Potong *** (-KALIMANTAN TENGAH-): Baru Satu Perusahaan Barut Laporkan Pembayaran THR *** Banyak Sopir Hindari Pemeriksaan Kesehatan *** (-KALIMANTAN SELATAN-): HST Bangun Posko Di Lokasi Wisata *** Pemerintah Serahkan Honor 3.264 Guru Swasta

Banner
Banner

Kalteng Siapkan Lima Kabupaten Untuk Program PTB

Komentar (1)

13 Januari 2011, 03:16:20 WIB oleh Admin | dilihat: 10 kali

Print

Kalimantan Tengah-PALANGKA RAYA (kalimantan-news) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan, pihaknya menyiapkan lima kabupaten dalam rangka persiapan program pembangunan permukiman transmigrasi baru (PTB) untuk tahun 2011 di kawasan setempat.

"Rencananya Kalteng akan mendapatkan jatah transmigrasi dengan jumlah 760 kepala keluarga (KK), yang nantinya akan disebar pada lima kabupaten tersebut," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Herry Susanto Moelyono, di Palangka Raya, Rabu.

Ia mengatakan, lima kabupetan yang mendapatkan program PTB tersebut yakni, Kabupaten Katingan bertempat di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Hyang Bana dengan jumlah 200 KK, Kabupaten Pulang Pisau bertempat di UPT Anjir Pulpis sebanyak 70 KK, Kabupaten Kapuas di kawasan UPT Dadahup C.3 sebanyak 210 KK.

Menurutnya, dua daerah lainya adalah, Kabupaten Barito bertempat di UPT Sei Rahayu sebanyak 80 KK, dan Kabupaten Lamandau bertempat di UPT Bayat dengan jumlah sebanyak 200 KK.

"Program persiapan PTB itu merupakan tujuan pembangunan di bidang ketenagakerjaan dan transmigrasi sebagai mana tercantum dalam rencana strategis Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng tahun 2011-2015 dengan terwujudnya peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja serta masyarakat transmingrasi yang mandiri," katanya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, program transmigrasi tersebut saat ini merupakan solusi bagi Indonesia untuk menciptakan peluang usaha dan kesempatan kerja melalui pengembangan potensi sumber daya kawasan sekaligus penataan persebaran penduduk.

"Transmigrasi merupakan program pembagunan pada sektor lintas kawasan atau daerah dan lintasan budaya yang berfungsi mengintergrasikan berbagai kepentingan berbeda namun tetap bertujuan yang sama," ujarnya.

Pihaknya mengharapkan, program PTB tersebut bisa mengakibatkan redistribusi penduduk dan tenaga kerja sehingga terjadi pemerataan dan keseimbangan antara sumber daya manusia serta sumber daya lingkungan.

Hal tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 yang menekan pada pembagunan sumber daya manusia, penguasaan iptek dan penguatan daya saing perekonomian.

Ia menjelaskan dalam kebijakan pemerintah daerah program PTB tersebut merupakan kebijakan yang sejalan dengan perkembangan otonomi daerah yang menyangkut ketenagakerjaan. Selain upaya untuk menciptakan lapangan kerja serta peningkatan produktivitas dan mengarahkan pada program Jamsostek. (das/ant)

Komentar (1)

Beri Komentar
  • Samuel

    Samuel:

    18 Februari 2011, 16:33:38 WIB

    Semoga cepat terealisasi pembangunan transmigrasinya, saya salah satu peserta transmigrasi lokal mendaftar di daerah tirusan-lupak dalam kapuas kalteng.(kurang tau daerah mana itu,,ikut kab.mana ya....hehehe) .kami rombongan dari jorong kalsel mendaftar 1 th yg lalu. Kami sangat berharap agat secepatnya penempatan bagi kami para transmigran .

Beri Komentar




Security Number