Sintang

KAMIS (24/04/2014): (-PARLEMEN-): DPRD Kalsel Rekomendasikan Pemprov Tambah Rumah Sakit *** DPRD Minta Pemprov Kalsel Selesaikan Masalah Perbatasan *** (-KALIMANTAN SELATAN-): Pemerintah Daerah Diminta Konsisten Lindungi Lahan Pertanian *** Tabalong Kembangkan Budi Daya Padi Metode Sri *** (-KALIMANTAN TENGAH-): PWI Kalteng Gelar Pelatihan Teknologi Informatika *** Bupati Percayakan Pembahasan Provinsi Kotawaringin Ke Tim *** Perwakilan Mahasiswa Se-Kalteng Desak Penyelesaian Sengketa Lahan *** (-SPORT-): Persiapan Porprov Bikin KONI Kaltim "Galau" *** (-KALIMANTAN UTARA-): Malaysia Pulangkan 97 TKI Bermasalah Via Nunukan *** (-KALIMANTAN TIMUR-): Bupati: PDAM Harus Sigap Respon Keluhan Pelanggan *** (-KALIMANTAN BARAT-): Pontianak Wakili Kalbar Ke Fasi Nasional *** Mahasiswa UPN Akan KKN Di Perbatasan Entikong *** (-EKONOMI-): Pemkot Pontianak Berencana Perluas Pelabuhan Senghie *** (-PEMILU-): Polisi Tetapkan Komisioner KPU Kutai Timur Tersangka *** Rapat Pleno KPU Provinsi Kalbar Dihentikan Sementara

Banner
Banner

Kubu Raya Bidik Sektor Perikanan Untuk Ekspor

Komentar (0)

14 Januari 2011, 02:55:51 WIB oleh Admin

Print

Kalimantan Barat-KUBU RAYA, (kalimantan-news) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan meningkatkan sektor perikanan dari ikan jenis patin, nila dan kerapu yang banyak diminati masyarakat serta memiliki kualitas ekspor.

"Pangsa pasar ikan patin, nila dan kerapu yang sudah banyak dibudidayakan masyarakat Kabupaten Kubu Raya, memiliki potensi pasar ekspor. Potensi tersebut harus mampu kita manfaatkan, apa lagi kalau dilirik pasar Eropa," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kubu Raya Supandri Usman di Sungai Raya, Kamis (13/01/2011).

Menurut dia, pasar budi daya perikanan Kabupaten Kubu Raya memang baru berjalan sejak kabupaten itu dimekarkan dari Kabupaten Pontianak.

Namun, lanjut dia, hasilnya sudah cukup memuaskan. Salah satu buktinya ikan lele yang diolah menjadi abon lele dan sudah berjalan.

"Abon Lele Kabupaten Kubu Raya bahkan sudah beredar di beberapa supermarket di Pontianak," ucapnya.

Dia mengakui, saat ini pihaknya berusaha membuat konsep dan program terarah. Rencananya hasil budi daya perikanan Kabupaten Kubu Raya akan diarahkan secara menyeluruh.

Ia menambahkan, kalau harga anjlok karena panen raya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kubu Raya berusaha menampung hasil budi daya untuk selanjutnya diteruskan mencari pasarannya.

"Dan kami sudah menjajaki potensi pasar yang di Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak, serta kabupaten dan kota lain di Kalbar ataupun luar Kalbar," kata Supandri.

Ia melanjutkan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kubu Raya dalam mengembangkan kawasan budi daya ikan, ikut memetakan beberapa kawasan sentra perikanan.

Pemetaan kawasan tersebut ditata di kawasan bertajuk Minapolitan Kubu Raya. "Karena itu, kita terus berusaha mendorong sektor ini memiliki tempat dan prospek untuk maju,` kata Supandri. (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number