Sintang

SABTU (19/04/2014): (-SINTANG-): Bawa Senjata Tajam Saat Pleno di KPU Dua Orang di gelandang ke Mapolres *** Rayakan Paskah, Jemaat GKII Gracia Kunjungi STTI Kelansam

Banner
Banner

Pilkada Kotim Libatkan 6.570 Orang sebagai Penyelenggara

Komentar (0)

08 April 2010, 18:20:09 WIB oleh Media Indonesia

Print
Pilkada Kotim Libatkan 6.570 Orang sebagai Penyelenggara

Kalimantan Tengah-SAMPIT, (kalimantan-news) - Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, akan melibatkan sebanyak 6.570 orang sebagai penyelenggara. "Jumlah tersebut di luar anggota kemanan dari TNI dan Polri. Penyelenggara pilkada itu nantinya akan bertugas di sejumlah desa, kelurahan, dan kecamatan," kata Ketua Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Kotim, di Sampit, Rabu (07/04/2010).

Penyelanggara pilkada, meliputi Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Firdaus, untuk kelancaran pelaksanaan pilkada, akan didirikan sebanyak 713 tempat pemungutan suara (TPS) dan penempatannya tersebar di seluruh 168 desa dan kelurahan serta 15 kecamatan di Kotim.

Seluruh penyelenggara pilkada di Kotim telah terbentuk, termasuk Panwaslu yang baru terbentuk pada 31 Maret 2010. Pembentukan Panwaslu Kotim terlambat dari jadwal. Seharusnya Panwaslu dibentuk sebelum tahapan pilkada di mulai, namun karena sesuatu dan lain hal, maka baru terbentuk.

"Sejumlah persiapan dan tahapan pilkda Kotim telah dilaksanakan, termasuk verikasi (pemutahiran) data daftar pemilih tetap (DPT). Setelah dilakukan pemutahiran data, jumlah pemilih di Kotim bertambah dari data potensi penduduk pemilih pemilu (DP4) yang diserahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotim," katanya.

Sebelumnya, DP4 yang diserahkan Disdukcapil ke KPU Kotim sebanyak 225.999 pemilih. Namun setelah dilakukan pemutahiran data pemilih selama tiga bulan, jumlah tersebut berubah menjadi 266.245 pemilih.

Firdaus mengungkapkan, jumlah pemilih tersebut terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 142.225 dan pemilih perumpuan 124.020. Pemilih terbanyak berada di wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, yakni sebanyak 28.813 pemilih dan TPS sebanyak 123.

Bertambahnya jumlah pemilih pilkada di Kotim karena sebagian besar penduduk di Kotim belum terdata sehingga tidak masuk dalam daftar pemilih, terutama bagi warga yang tinggal di kawasan perkebunan kelapa sawit.

"Bagi warga pendatang baru dan telah menetap di Kotim minimal selama enam bulan serta memiliki alamat tempat domisili yang jelas maka diperbolehkan memilih," ungkapnya.

Setelah data pemilih dimutahirkan dan disahkan oleh KPU Kotim, bagi warga Kotim yang tidak masuk dalam daftar pemilih, tidak berhak atau tidak memilik hak suara pada pilkada nanti.(Antara/*)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number