Sintang

RABU (23/04/2014): (-SINTANG-): Polres Sintang Kerahkan Anggota Pengamanan Pemilu Ulang di Kayan Hulu dan Ketungau Hulu *** Pemilik Rumah Libas Pencuri Hingga Tewas *** (-PARIWISATA-): Air Terjun Gurong Sumpit Jadi Wisata Alternatif *** (-KALIMANTAN BARAT-): Kubu Raya Gelar Raker Tingkatkan Layanan Kesehatan *** Singkawang Miliki Sekolah Negeri Berkonsep Sekolah Alam *** Kerajinan Barang Bekas Siswa Diminati Warga Asing *** (-PEMILU-): PDIP Masih Kuasai Kursi Dewan Sekadau *** KPU Kalbar Siap Gelar Pleno Hasil Pemilu *** Kapolres: Komisioner Akui Terima Uang Dari Caleg *** (-PARLEMEN-): Legislator : Perbatasan Masih Minim Perhatian Pemerintah *** (-KALIMANTAN TIMUR-): Yayasan Bosf Perlu Rp26 Miliar Untuk Orangutan *** (-EKONOMI-): Pemprov Kaltim Dukung Kinerja UMKM Dan Koperasi *** (-KALIMANTAN TENGAH-): Pemkab Barito Utara Gelar Operasi Katarak Gratis *** (-KALIMANTAN SELATAN-): Berharap Pengawas Ujian Nasional Tidak Arogan *** Pelaksanaan UN SLTP Sederajat Dimajukan Setengah Jam

Banner
Banner

PT Adhi Karya (Persero) Tbk Bangun PLTU Di Sintang

Komentar (1)

09 Mei 2011, 10:02:16 WIB oleh Heri

Print

Sintang-KOTA, (kalimantan-news) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Adhi Karya (Persero) Tbk, sebuah perusahaan kontraktor nasional dipercaya untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PT Perusahaan Listrik Negera (Persero) dengan kapasitas 3x7 Megawatt di Kabupaten Sintang.

Sabtu (07/05/2011) pagi lalu adalah awal dari kabar gembira bagi masyarakat di Kabupaten Sintang karena dilokasi pembangunan PLTU yang tak begitu jauh dari pelabuhan Sungai Ringin Kelurahan Kapuas Kanan Hilir tersebut dilangsungkan prosesi upacara adat umpan rimba (sengkelan rimba).

Prosesi upacara adat tersebut merupakan budaya setempat yang sekaligus menandai dimulainya proses pembukaan lahan untuk merealisasikan pembangunan PLTU yang telah lama dinantikan masyarakat.

Kegiatan tersebut dihadiri unsur pimpinan kecamatan Sintang diantaranya Camat Sintang Sudirman dan Kapolsek Sintang Kota, Joko Sulistiono. Selain itu juga hadir perwakilan PT PLN (Persero) Ranting Sintang Sutondo, perwakilan Unit Induk Pembangunan Pembangkit Sumatera II Zulian, Project Manager PT Adhi Karya (Persero) Tbk Itok Kuncoro dan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, serta warga setempat.
 
Itok Kuncoro mengatakan pembangunan fisik PLTU ini direncanakan akan berlangsung selama dua tahun.

“Dalam pengoperasiannya, PLTU ini akan menggunakan batu bara sebagai bahan bakar dan air Sungai Kapuas untuk menghasilkan uap yang akan menggerakkan turbin sehingga bisa menghasilkan listrik,” jelasnya.

Dengan selesainya pembangunan PLTU ini, ia berharap masyarakat di Kabupaten Sintang akan menikmati pasokan energi listrik yang memadai dan terbebas dari pemadaman yang selama ini sering terjadi.

“Dengan ketersediaan energi yang cukup maka akan meningkatkan pembangunan perekonomian di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Pengerjaan proyek tersebut dilakukan oleh salah satu divisi dilingkungan PT Adhi Karya (Persero) Tbk yaitu Divisi EPC, merupakan singkatan dari Engineering, Procurement and Construction yang memiliki spesialisasi pekerjaan pembangunan Power Plant serta Oil and Gas. Saat ini divisi EPC sedang mengerjakan proyek PLTU di beberapa daerah di Indonesia.

“Pembangunan PLTU ini dari proses dari engineering, procurement and construction dilakukan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan melibatkan tenaga ahli dari anak bangsa Indonesia,” ucapnya.

Sementara, General Site Manager PT Adhi Karya (Persero) Tbk di PLTU Sintang, Onny Sudarsono berharap masyarakat Sintang bisa mensupport penuh aktivitas pembangunan PLTU ini sehingga pembangunan PLTU ini bisa berjalan dengan lancar.

“Harapannya tidak ada hambatan sehingga pekerjaan pembangunan PLTU ini bisa selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan,” ujarnya. (phs)

Komentar (1)

Beri Komentar
  • okta sinta harini

    okta sinta harini:

    18 Juni 2011, 11:42:12 WIB

    semoga pekerjaan pembangunan PLTU Sintang lancar karena semua ini akan membawa banyak maanfaat untuk penduduk Sintang

Beri Komentar




Security Number