Sintang

SENIN (20/10/2014): (-SEKADAU-): Petani Karet Menjerit Harga Makin Anjlok *** Pembekalan Kepada CPNS K-2, Sekda : Pegawai Harus Jaga Sikap Mental *** Sujinem Terharu Terima Dana Kemanusiaan *** (-KALSEL-): Kotabaru Bangun Rumah Singgah Bagi Warga Dayak *** (-KALTENG-): BPJS Kesehatan Dorong RSUD Seruyan Jadi BLUD *** (-NASIONAL-): Idha Diberikan Waktu Tiga Hari Hadirkan Saksi *** TNI: Malaysia Cabut Rambu Suar Tanjung Datuk *** (-SANGGAU-): Satpol PP Sanggau Amankan Remaja Pengguna Narkoba *** (-KALBAR-): BPMPD : Pemerintah Makin Selektif Mekarkan Desa *** (-PARIWISATA-): Keraton Tayan Gelar Tradisi Mandi Bedil-Perang Ketupat *** (-SINTANG-): Pemkab Sintang Tetapkan Het Gas Tiga Kilogram *** (-EKONOMI-): GAPKI: Perkuat Infrastruktur Hilirisasi Sawit Luar Jawa (-KALTIM-): Pemprov Kaltim Dorong Percepatan Penerapan Pertanian Modern

Banner
Banner

2013, PLTU Sintang Operasional

Komentar (6)

09 Mei 2011, 10:03:56 WIB oleh Heri | dilihat: 111 kali

Print

Sintang-KOTA, (kalimantan-news) - Perwakilan Unit Induk Pembangunan Pembangkit Sumatera II, Zulian mengatakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dijadwalkan selama dua tahun.

“Diperkirakan pertengahan 2013 nanti pembangkit baru ini sudah operasional memenuhi kebutuhan listrik di Kabupaten Sintang,” katanya, Sabtu (07/05/2011) disela-sela acara prosesi upacara adat umpan rimba (sengkelan rimba) sebagai awal dimulainya proses pembukaan lahan pembangunan PLTU di wilayah Kelurahan Kapuas Kanan Hilir Kecamatan Sintang, tidak begitu jauh dari Pelabuhan Sungai Ringin.

Ia mengatakan untuk Upaya Kelola Lingkungan-Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL) pembangunan PLTU itu juga sudah rampung sehingga tinggal melaksanakan kegiatan pembangunan.

Menurutnya, pembangkit berbahan bakar batubara yang akan di bangun di Sintang ini berkapasitas 3x7 megawatt (tiga mesin pembangkit masing-masing berkapasitas 7 megawatt) dan untuk operasionalnya nanti dilakukan bertahap.

“20 bulan pertama untuk unit 1, 22 bulan unit 2 dan 24 bulan baru unit yang ketiga dioperasionalkan,” kata dia.

Sampai saat ini kata dia untuk suplai batubara masih dalam tahap pengadaan dan belum diketahui siapa pemasoknya karena pengadaannya dilakukan secara nasional untuk sejumlah PLTU yang dalam tahap pembangunan.

“Bisa saja jika potensi batubara di Sintang besar, ada investor yang berminat melakukan ekploitasi karena untuk menjualnya tidak harus jauh-jauh lagi, sudah ada PLTU disini,” imbuhnya seraya menambahkan untuk satu unit mesin pembangkit berkapasitas 7 megawatt, dalam satu hari operasional diperlukan sebanyak 15 ton batubara.

Untuk wilayah Kalbar, ia mengatakan ada empat pembangkit baru berbahan bakar batubara yang segera dibangun yaitu di Parit Baru Kabupaten Kuburaya dengan kapasitas 2x50 megawatt, Tanjung Gundul Kabupaten Bengkayang dengan kapasitas 2x27,5 megawatt, Sanggau dengan kapasitas 2x7 megawatt dan Sintang 3x7 megawatt.

“Rencananya semua pembangkit yang sudah mulai dikerjakan di Kalbar ini akan beroperasional pada 2013 mendatang,” ucapnya.
Senada disampaikan Project Manager PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Itok Kuncoro yang menegaskan kalau pengerjaan proyek tersebut sesuai jadwal akan selesai pada 2013 mendatang.

“Perkiraan operasionalnya pada pertengahan 2013 nanti,” kata dia.

Ia mengatakan selain membangun tiga unit mesin pembangkit di lokasi tersebut, pihaknya juga akan mengerjakan pembangunan dermaga yang tak jauh dari Dermaga bongkar muat Sungai Ringin untuk keperluan bongkar batubara yang menjadi bahan bakar utama PLTU.

“Mudah-mudahan pembangunan ini bisa berjalan dengan baik dan bisa segera dirampungkan tanpa mengalami hambatan dan untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat,” pungkasnya. (phs)

Komentar (6)

Beri Komentar
  • Cripsi

    Cripsi:

    10 Mei 2011, 14:34:55 WIB

    Saya sangat setuju sintang ada pembangunan PLTU. Karena di sintang sering terjadi mati lampu yg berdurasi hampir 1 jam lebih. Apalagi kalau saat cuaca sedang hujan. Mungkin dgn proyek PLTU ini bsa membuat kabupaten sintang lebih efisien lg dgn konsumsi listrik dr PLTU ketimbang PLTD.

  • eviyanto

    eviyanto:

    27 Mei 2012, 15:34:11 WIB

    y saya sebagai warga di dekat kwasan itu sik trimakasih PLTU mau dibangun..,tapi apa betul itu murni,karna setahu saya daerah itu kalau banjir pasti kena genangan air...,apa ada dampak tidak kalau PLTU oprasi dan kena banjir.......

  • wahyu tris hartono

    wahyu tris hartono:

    28 Mei 2013, 03:57:13 WIB

    saya sangat setuju, karena dengan dibangunnya PLTU di sintang lbih bnyak dmpak psitif dri pda ngatif'a, cntoh'a dpat mningkatkan eknomi dan sosial.cntoh laen, pmasokan listrik" di plosok" desa dpat terpnuhi.

  • Aji zulfikar

    Aji zulfikar:

    28 Mei 2013, 04:00:30 WIB

    yapssss.......saya sangat setuju!!!! c'alnya dari saya SD smpe SMA desa saya blum dmasuki PLN .....aduuhhhh,,,.....sya akhrnya pindh ,,..., deh,,,.ya ....pokoknya setuju dech...wlaupun ada jga dmpak negatifnya ....o!!!!!!!!!!!!!!k.........

  • wahyu tris hartono

    wahyu tris hartono:

    28 Mei 2013, 04:05:18 WIB

    btul skali saudra aji,,,,sya jga sring mrasakan lmpu pdam smpai b'hari".......ntah krna gngguan,msin rsak dll.
    dngan PLTU ini dpat d harapkan msalah tersbut dpat d atasi. untuk desa yg blum dmsuki PLN,dgan PLTU ini warga bsa lbih hmat biaya untuk mmbli solar untk disel'a

  • Aji zulfikar

    Aji zulfikar:

    28 Mei 2013, 04:06:24 WIB

    hahahahahaha.....................saya aneh dengan pndpt wahyu....mungkin lampunya udah bobrok kali!!!

Beri Komentar




Security Number