Sintang

KAMIS (24/07/2014): (-SINTANG-): 90 Napi Lapas Sintang Dapat Remisi *** Air Kapuas Tak Layak Konsumsi *** Bupati Izinkan Gunakan Mobnas Untuk Mudik *** Kelanjutan Pembangunan Jalan Sungai Ukoi-Tugu Sebeji, Bupati Sarankan Kontraktor Bentuk Tiga Divisi *** DKPK Siaga Kebakaran Dan Sampah *** (-PARIWISATA-): Libur Lebaran, Disbudpar Targetkan Raub Restribusi Rp 60 Juta *** (-SEKADAU-): Bupati Ingatkan Pemudik Cek Kendaraan Sebelum Berangkat *** GKII Daerah Belitang Baru Gelar Rakerda Ke-III *** (-KALIMANTAN SELATAN-): Pulau Larilarian Kembali Masuk Wilayah Kotabaru Kalsel *** (-KALIMANTAN BARAT-): BPN Kubu Raya Kekurangan Juru Ukur *** (-KALIMANTAN TIMUR-): 2.205 Peserta Siap Ikuti UN Paket B

Banner
Banner

Pelajar Belanda Kunjungi SMA Panca Setya Sintang

Komentar (1)

17 Juli 2011, 07:48:30 WIB oleh Petrus Heri Sutopo | dilihat: 64 kali

Print
Pelajar Belanda Kunjungi SMA Panca Setya Sintang

Sintang-KOTA, (kalimantan-news) - Puluhan pelajar dan alumni asal Belanda dari SOPPL, selama 2 pekan lebih akan berada di Sintang untuk kunjungan ke SMA Panca Setya serta melakukan serangkaian kegiatan selama kunjungannya.

Mereka terdiri dari 32 pelajar, 10 alumni, 9 guru pendamping dan 1 orang dokter, yang totalnya mencapai 50 orang lebih.

Menurut Kepala Sekolah SMA Panca Setya, Dra.Cornelia LL saat ditemui kalimantan-news, dalam kunjungannya di Sintang, para tamu ini dibagi dalam 2 kelompok.

“Kelompok pertama akan sudah berada di Sintang pada tanggal 18 hingga 25 Juli 2011, sedangkan kelompok kedua tanggal 25 hingga 31 Juli 2011. Untuk kelompok pertama secara resmi akan kita sambut di SMA Panca Setya pada tanggal 22 Juli 2011 dan Bupati Sintang akan langsung menyambut mereka,” jelasnya.

Untuk kelompok pertama, lanjutnya, terlebih dahulu melakukan serangkaian kegiatan mereka pada tanggal 18 Juli 2011 seperti melakukan kunjungan ke Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai hingga tanggal 20 Juli 2011.

“Mereka diantaranya akan ke Rumah Betang dan menginap disana. Berbagai kegiatan tradisional akan mereka lakukan seperti menumbuk padi, menyumpit, belajar menoreh karet, melihat pembuatan tenun ikat dan juga ikut dalam acara Gawai Dayak,” jelasnya kembali.


Selain itu, dalam perjalanan mereka pulang ke Sintang nanti juga akan menikmati keindahan dari Bukit Kelam termasuk ke tempat wisata rohani dan berkunjung ke museum Kapuas Raya.

“Tanggal 22 nanti, mereka akan kita ajak city tour dalam kota Sintang, sebelum mereka kita sambut secara adat di SMA Panca Setya,” tambah Cornelia.

Untuk kegiatan di dalam kota Sintang sendiri akan lebih banyak dilakukan di SMA Panca Setya, namun juga akan melakukan kunjungan ke Keraton Al Mukaromah.

“Saat berkunjung ke Keraton mereka akan kita ajak dengan menggunakan motor tambang, dan nanti mereka juga akan mengambil sampel air untuk dilakukan penelitian,” jelasnya.

Cornelia mengharapkan, kunjungan pelajar Belanda ke Sintang ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, khususnya kepada para siswa di SMA Panca Setya dalam penggunaan bahasa Inggris.

“Makanya dalam kegiatan para pelajar Belanda tersebut, kita juga melibatkan siswa-siswi untuk berkomunikasi dengan pelajar Belanda, dan pelajar kita akan menjadi pemandu. Kebetulan kita juga memiliki English Club,” tutur Cornelia.

Para pelajar Belanda ini, lanjutnya, sepulangnya mereka ke Belanda akan menceritakan pengalaman mereka sebagai bagian dari tugas pelajaran, kepada 100 orang tentang budaya yang sudah mereka lihat dan rasakan.(*)

Komentar (1)

Beri Komentar
  • REXSI

    REXSI:

    09 Oktober 2011, 04:17:44 WIB

    dengan adanya kunjungan Peajar dari SOPPL, Holland, itu menambah pengalaman saya ketika menjadi guide mereka. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada SMA Panca Setya yang telah mempercayakan kepada kami selaku English Club untuk menjadi pendampingnya, trims

Beri Komentar




Security Number