Sintang

JUMAT (24/10/2014): (-SINTANG-): Bupati Sintang Lepas Persista U 17 Ke Jember *** Pastikan BBGRM Berjalan, Tim Tinjau Pelaksanaan Gotong Royong *** (-SEKADAU-): Pemkab Sekadau Cari Solusi Berantas Bencana DBD *** (-KALBAR-): Pemkot Pontianak Hijaukan Alun-Alun Kapuas Dengan Pohon *** )-EKONOMI-): Garuda Akan Resmikan Rute Intra Kalimantan *** (KALTIM-): Berau Kembangkan Pusat Pembibitan Ternak Perdesaan *** Samarinda Kembali Diselimuti Kabut Asap *** (-KALTENG-): Presiden MADN: Jangan Terprovokasi Dan Hindari Konflik

Banner
Banner

Pendidikan Di Daerah Terpencil Perlu Lebih Diperhatikan

Komentar (0)

09 Agustus 2011, 20:16:25 WIB oleh Admin | dilihat: 138 kali

Print

Kalimantan Barat-KUBU RAYA, (kalimantan-news) - Ketua Komisi D DPRD Kubu Raya, Kalimantan Barat, Mustafa berharap pemerintah pusat lebih serius membenahi masalah pendidikan yang ada di daerah terpencil.

"Sudah seharusnya pendidikan itu dilakukan dari atas hingga ke bawah dan pemerintah pusat harus benar-benar serius di dalam menangani masalah pendidikan ini," kata Mustafa di Sungai Raya, Selasa.

Menurut legislator dari Partai Golkar itu, selama ini pemerintah Pusat hanya bisa berjanji untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Namun, kenyataannya di lapangan, masih banyak sarana pendidikan yang kurang memadai. Bahkan masih banyak sekolah yang kekurangan tenaga pengajar.

Selain itu, kondisi infrastruktur pendidikan yang ada di daerah-daerah terpencil masih banyak yang sangat memprihatinkan.

Mustafa menjelaskan, terkadang pemerintah pusat sering memberikan bantuan yang tidak sesuai dengan apa yang di perlukan oleh daerah.

Dia mencontohkan tentang proses teknis pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Pendidikan.

Mustafa menilai, terkadang pemerintah pusat membuat aturan hanya berdasarkan dari pemerintah pusat, akan tetapi tidak melihat langsung kondisi di lapangan, sehingga terkesan dana DAK tersebut salah penggunaan dan akhirnya dana tersebut harus di kembalikan ke pusat kerana tidak sesuai dengan apa yang di perlukan.

"Untuk di Kubu Raya sendiri, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pendidikan setempat sedang mengupayakan infrastruktur pendidikan agar bisa di rasakan oleh semua sekolah.

Selain itu, Pemkab Kubu Raya juga sedang berupaya menginventarisir sekolah-sekolah yang rusak berat, sedang dan rusak ringan, hal ini di lakukan semata-mata hanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat.

Legislator Golkar ini mengharapkan baik pemerintah pusat maupun Pemerintah Kabupaten Kubu Raya agar ada proses pemerataan guru sampai ke daerah-daerah terpencil.

Akan tetapi Mustafa juga meminta agar peran aktif para tenaga pengajar di dalam menjalankan tugasnya dan jangan sampai ada guru yang jarang masuk atau guru yang mangkir dari tugasnya di saat jam pelajaran sedang berlangsung.

"Untuk itu dengan momen Hardiknas ini kita mengharapkan ada perubahan yang signifikan di dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di Kubu Raya pada khususnya," tuturnya. (phs/Ant)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number