BPS Melawi Adakan Sakernas

MELAWI – Badan Pusat Statistik (BPS) Melawi pada Februari ini akan melaksankan Survey Angkatan Kerja Nasional (Sakernas). Kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya mengumpulkan informasi – informasi tentang ketenaga kerjaan baik dari partisipasi angkatan kerja serta angka pengangguran.

“Nantinya pencacah melakukan pengambilan informasi mengambil semple, tidak semua rumah tangga yang ada di Melawi ini di cacah. Dengan menggunakan blok sensus terdiri dari desa – desa sebanyak 32 blok sensus yang akan di ambil satu blok sensus nantinya di ambil semple yang menggambarkan angka ketenagakerjaan, ” kata kepala BPS Melawi,Sugeng, ditemui di ruang Kerjanya, Kemarin.

Lebih lanjut Ia mengatakan, ada 12 pencacah yang melakukan survey angkatan kerja nasional. Dimana survey tersebut dilakukan dengan cara menyebar di setiap kecamatan yang ada di Melawi. dengan begitu, jumlah angkatan kerja yang ingin diketahui akan didapat.

“Nah, dengan data ini nantinya, kita akan mengetahui jumlah angkatan kerja serta pengangguran yang ada di Melawi serta mengetahui tingkat kesejateraan masyarakat, mengetahui angka kemiskinan. Ini merupakan kegaiatan sangat penting sehingga dapat mengetahui indikator – indokator yang ada,” jelasnya.

Ia berharap kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan survey angkatan kerja nasional dengan dapat menerima petugas – petugas BPS yang di tunjuk sebagai pencacah di lapangan, karna ini merupakan tugas Negara.

“Kami meminta dukungan masyarakat, dengan dapat menerima petugas kami dengan baik karna merupakan tugas negara. Memotret kondisi sosial ekonomi ketenagakerjaan serta pengangguran. Ini yang jelas tidak dipungut uang, tidak ada kaitan dengan pajak serta bantuan – bantuan apapun, kegaiatan ini murni pendataan di masyarakat,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.