Bupati dan Wakil Rayakan Malam Imlek Dengan Warga Tionghoa Sungai Ayak

SEKADAU – Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si didampingi ketua Tim Penggerak KK Ny. Kristina Rupinus, S.Pd, M.Si dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si didampingi Ketua Gabungan Organisasi Wanit a Kabupaten Sekadau Ny. Vixtima Heri Supriyanti, A.Md ikut merayakan malam tahun baru imlek 2569 dengan warga Tionghoa Sungai Ayak pada Kamis, 15 Februari 2018 pekan lalu.

Hadir mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Sekadau dalam perayaan malam Tahun Baru di Sei. Ayak, Asisten administrasi pemerintahan dan kesejahteraan, Direktur PDAM, Kabag Hukum, Kabag Rumah Tangga Tata Usaha dan Kepegawaian yang juga Plt. Kabag Humas dan rotokol dan Camat Belitang Hilir, Kapolsek dan Danramil belitang Hilir serta tokoh masyarakat sungai ayak.

Ratusan masyarakat di Kecamatan Belitang ikut hadir menyaksikan Perayaan malam tahun baru imlek di Sei. Ayak. Bahkan, bukan hanya warga tionghoa saja yang hadir, dari etnis lain juga turut hadir meramaikan perayaan malam tahun baru imlek tersebut.

Meskipun hujan, tapi tidak menyurutkan semangat dan animo masyarakat untuk menyaksikan perayaan malam tahun baru di Sei. Ayak yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Bupati Sekadau Rupinus,SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sekadau menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada panitia dan seluruh masyarakat Belitang Hilir khususnya kepada warga Tionghoa yang telah melaksanakan kegiatan malam perayaan tahun baru Imlek 2569 tahun baru 2018 ini dengan sebaik-baiknya dan Ini adalah berkat kerja sama semua pihak.

“Kehadiran saya dan kepala SKPD di Sei. Ayak ini menunjukan bahwa kami cinta dengan masyarakat terutama dengan saudara saya yang merayakan tahun Baru Imlek. Sungai ayak ini adalah “Hongkongnya Sekadau”, kita lihat sendiri suasana perayaan malam tahun baru Imlek 2569 di Sui. Ayak ini terasa semarak dengan terpasangnya lampion-lampion dan lampu warna warni di rumah-rumah warga,” ucapnya.

Dikatakan Bupati Rupinus, tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi warga Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek juga dikenal sebagai malam pergantian tahun.

“Pihak pemerintah menyambut baik kegiatan ini, kegiatan ini juga dalam rangka melestarikan budaya dan menjalin hubungan silahturahmi,” ujarnya.

Bupati Rupinus, SH, M.Si menambahkan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sekadau dan atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan, “selamat tahun Baru Imlek 2569 kepada seuluruh warga Tionghoa di Kabupaten Sekadau yang merayakannya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Imlek 2569 Jumadi, A.Md mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang menurutnya telah peduli dan memberikan partisipasi aktif pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang akan menyusul dua pekan berikutnya.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sekadau yang begitu peduli terhadap kebudayaan Tionghoa di Kabupaten Sekadau,” ujarnya.

Pembukaan malam perayaan tahun baru di Sei. Ayak oleh Bupati ditandai dengan pemukulan lonceng Vihara dan penyulutan kembang api. (AS /KN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.