Bupati Sekadau dan Uskup Resmikan Gereja Katolik Santo Carolus Houben

oleh

SEKADAU, KN – Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si didampingi, Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Yulius Mencucini, CP. Minggu 25 Agustus 2019 meresmikan Penggunaan Gereja Katolik Santo Carolus Houben Stasi Mungguk Ganis. Sejumlah Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau hadir mendampingi Bupati saat itu, diantaranya Staf Ahli Bupati Afronsius Sehan,Kadis Dinkes Imanuel,Kadis Dikpora Paulus Misi,Kasat Pol PP Yapet Simon, Plt Kabag Humas Leonardus serta perwakilan dari SKPD lainnya dan Forkompimka Kecamatan Nanga Mahap. Hadir juga pada saat peresmian Gereja Santo Carolus HoubenTokoh Masyarakat,Para Pastor, Bruder, Frater dan Suster.

Kedatangan Rombongan Bupati Sekadau dan Keuskupan Sanggau disambut meriah oleh Umat Katolik Stasi Mungguk Ganis yang berjumlah kurang lebih 200 orang. Iring-iringi tari adat dayak menambah semaraknya acara peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Stasi Mungguk Ganis.

Pada Kesempatan itu, Bupati Sekadau didaulatkan memancong buluh muda sebagai wujud penghormatan umat Katolik kepada tamu agung. Bupati Rupinus didaulatkan untuk membuka tirai papan nama tanda diresmikannya Gereja Katolik Stasi Mungguk Ganis dan pengguntingan Pita Gereja dilakukan oleh Camat Nanga Mahap, Yulius Acung setelah acara pembukaan tirai dan penguntingan pita tanda diresmikan Gereja.

Acara dilanjutkan dengan pemberkatan diluar dan dalam gedung gereja oleh Uskup Keuskupan Sanggau dan setelah itu dilanjutkan dengan Misa Syukur dan penerimaan Skaramen Krisma kepada 30 umat Katolik Stasi Mungguk Ganis oleh yang mulia Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Yulius Mencucini. CP.

Ketua Panitia Pembangunan Gereja Katolik Stasi Mungguk Ganis dalam laporannya menyatakan ukuran luas Gereja Katolik Stasi Mungguk Ganis, lebar 8 meter panjang 16 meter dan membutuhkan untuk pembangunan gereja ini dengan Total keseluruhan kurang lebih Rp115.000.000 Adapun sumber dana berasal dari Swadaya umat Stasi Mungguk Ganis, dari Paroki Nanga Mahap, dari Keuskupan, pemerintah Kabupaten Sekadau, para donatur dan umat Katolik Stasi Mungguk Ganis.

“Banyak terimakasih atas dukungan pemerintah para donatur dan umat Katolik Stasi Mungguk Ganis,” ucap Ketua Panitia pembangunan.

Bupati Sekadau Rupinus mengatakan, Pemerintah mendukung pembangunan tempat ibadah di Kabupaten Sekadau seperti Gereja, Masjid dan Rumah ibadah lainnya. Bupati berpesan supaya gedung Gereja Katolik Stasi Mungguk Ganis yang baru saja diresmikan dan di berkat  oleh Uskup keuskupan Sanggau ini di pelihara serta di rawat dengan baik dan sungguh-sungguh, karna membangun itu gampang tetapi merawatnya susah. Untuk itu diperlukan kekompakkan dan kebersamaan umat dalam menjaga dan merawat bangunan Gereja yang menjadi kebanggaan umat Katolik Stasi Mungguk Ganis.

Lebih jauh dikatakan Bupati Rupinus, keberadaan gedung Gereja ini dapat mengikat rasa persaudaraan yang tinggi dengan semua orang. “Terimakasih atas pembinaan yang diberikan oleh Bapak Uskup, terimakasih juga pada Pastor Paroki yang telah memberikan pembinaan kepada umat sehingga pembangunan gereja ini bisa selesai. Terimakasih juga atas partisipasi umat Katolik Stasi Mungguk Ganis dalam mewujudkan pembangunan Gereja. Pesan saya untuk Krismawan dan Krimawati  supaya menjadi saksi Kristus yang kuat dan kokoh jangan sampai melanggar Krisma yang telah diucapkan,” pinta Bupati.

Sementara itu dalam sambutannya Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Yulius Mencucini, CP memberi apresiasi umat Katolik Stasi Mungguk Ganis yang sudah membangun Gereja yang cukup megah. Hal ini lanjut Uskup, mencerminkan iman umat Katolik Stasi Mungguk Ganis akan Tuhan sudah semakin baik dan berkembang.

“Gereja yang dibangun dengan susah payah oleh umat Katolik Stasi Mungguk Ganis ini merupakan bukti umat mencintai dan dekat dengan Tuhan, bukti kebaktian umat kepada Tuhan. Apa guna mendirikan Gereja yang sudah megah kalau tidak digunakan untuk sembayang,” tuturnya. (As)

Sumber: Humas