Bupati Sekadau Hadiri Panen Padi Perdana

SEKADAU – Bupati Sekadau, Rupinus, SH, M. Si hadiri panen padi perdana kelompkk tani Multi Jaya Dusun Setapang SP 5 Lamau Desa Perongkan Kecamatan Rawak Hulu Sekadau, Rabu (7/3/18).

Dalam sambutannya Bupati Sekadau apresiasi kepada kelompok tani Mukti Jaya yang sudah berhasil bisa 2 kali setahun.

“Apabila ada alat-alat pertanian yang diperlukan supaya kelompok tani mengajukan profosal ke Dinas terkait,” ucapnya.

Selain itu, Ia katakan Kabupaten Sekadau masih kekurangan tenaga PPL. Bupati juga apresiasi kepada petugas PPL walaupun penuh dengan kekurangan dan keterbatasan alat – alat penunjang pertanian tapi mereka tetap berupaya keras dalam melaksanakan tugasnya.

Bupati juga ingatkan bahwa, sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Mari kita sama-sama menjaga situasi politik, tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jangan berpecah belah dan jangan percaya dengan berita hoax, kita semua bersaudara,” pesan Bupati.

Selanjudnya Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Sande sampaikan bahwa
luas lahan sawah se-Kabupaten Sekadau sekitar 15.000 hektar namun, belum ada 20 persen petani yang bisa panen padi 2 kali setahun.

Sande juga sampaikan masalah hasil produksi pangan bahwa, sampai saat ini belum bisa mengetahui secara riel berapa hasil petani Kabupaten Sekadau dan berapa jumlah beras petani Kabupaten Kekadau yang keluar.

Camat Sekadau Hulu Yangsun, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sekadau yang sudah hadir memenuhi undangan dalam panen perdana kelompok tani Mukti Jaya Dusun Setapang SP 5 Lamau Desa Perongkan.

Yangsun apresiasi kepada kelompok tani Mukti Jaya yang sudah mampu mengubah status lahan kering (lahan perumahan) menjadi lahan sawah tadah hujan.

Ia berpesan kepada petani Dusun Setapang SP 5 Lamau,” jangan sampai ada lahan sawah yang tidak diolah,” ucapnya.

Dilanjudkan lagi sambutan dari Kades Perongkan Heriyono, ia katakan apresiasi atas kedatangan Bupati Sekadau yang telah bisa menghadiri undangan panen padi perdana kelompok tani Mukti Jaya Dusun Setapang SP 5 Lamau.

Heriyono memaparkan bahwa, hasil kelompok tani Mukti Jaya saat panen yang lalu menghasilkan 3,5 ton per hektar dan luas lahan sawah kelompom tani Mukti Jaya, 22 hektar lebih.

“Untuk Desa Perongkan, lahan sawah seluas 256 hektar, yang sudah terolah dan ada 14 kelompok tani,” kata Yon.

Kemudian, Ketua kelompok tani Mukti Jaya Ali Mahmudi katakan, kelompok tani Mukti Jaya dibentuk tahun 1991 sampai saat ini 2018 dengan 30 orang anggota.

“Terima kasih kepada Pemkab Sekadau, kami berharap bantuan dari Pemkab Sekadau terutama alat-alat petani karna selama ini alat kita belum memadai dan masih minjam dari kelompok tani lain,” ucap Ali.

Hadir dalam panen padi perdana tersebut, beberapa OPD Kabupaten Sekadau, Camat Sekadau Hulu, Kapolsek Sekadau Hulu, Danramil Sekadau Hulu, Kades, Tokoh masyarakat Drs. Paulus Subarno, M. Si serta Tokoh masyarakat lainnya, Tokoh adat, Tokoh Agama, Poktan dan Masyarakat yang hadir. (AS /KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.