Bupati Serahkan LKPJ Ke DPRD Sintang

SINTANG – Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggujawaban (LKPJ) Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun anggran 2017 ke DPRD Sintang, Selasa (05/06/2018).

Penyampain LKPJ ini dikemas dalam Rapat Paripurna DPRD Sintang ke-1 Masa Persidangan II Tahun 2018,yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward di dampingi Wakilnya Terry ibrahim.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa penyampaian LKPJ ini adalah amanah Undang-undang yang harus dijalankan.

“Nanti DPRD memberikan rekomendasi apa-apa saja yang masih kurang. Rekomendasi kita jalankan untuk penyempunaan, ” katanya.

Jarot mengakui anggaran pada tahun 2017 tidak terealisasi 100 persen. Hal ini kata dia dikarenakan tiga tahun terakhir di Sintang terjadi musim hujan yang terus menerus sehingga berdampak negatif pada realisasi pembangunan.

“Realisasi anggan tahun 2017 tidak mencapai sasaran, baik urusan wajib pelayanan dasar maupun urusan wajib bukan pelayanan dasar,” terang Jarot.

Kendati demikian, Jarot mengaku bersyukur pemerintah Kabupaten Sintang masih mampu mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang keenam kalinya.

“ini menunjukan kita sehat-sehat saja meskipun beberapa pencapaian tidak mencapai 100 persen,” katanya.

“yang jelas kita masih menunggu rekomendasi dari DPRD untuk penyempurnaan dan pembelajaran untuk lebih baik di tahun 2018,” pungkasnya.

Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward mengatakan pihaknya telah menerima penyampaian LKPJ Bupati tahun anggaran 2017. Selanjutnya DPRD akan mengkaji sejauh mana realisasi anggaran tahun 2017 tersebut.

“ini akan kita evaluasi bersama dengan pangsus kemudian kita akan memberikan rekomendasi, sebagai koreksi bagi pemerintah daerah,” katannya.

Jeffray berharap pembahasan melalui pansus terkait LKPJ ini dapat rampung dalam minggu ini , sehingga dapat ditidaklanjuti.

“kita dorang semua segera kerjakan, bahas dengan OPD dan segera terbitkan rekomendasi,” pungkasnya.

Jeffray juga mengatakan penyampaian LKPJ ini juga sudah agak molor, kondisi ini dikarenakan jadwal kegiatan DPRD cukup padat.

“kita baru bisa melakukannya sekarang,” pungkasnya. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.