Bupati Sintang Resmikan Gedung Serbaguna Desa Nanga Libau

SINTANG – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan gedung serbaguna di Desa Nanga Libau Kecamatan Sepauk, Selasa (11/9/2018).

Perjalanan lebih dari 2 jam menggunakan mobil double gardan menuju ujung Sepauk dilaksanakan rombongan Bupati Sintang. Bersama dengan kepala Dinas Pekerjaan Umum, Murjani dan Kepala Satuan Satpol PP Kabupaten Sintang, Martin Nandung juga di damping oleh Kapolsek Sepauk.

Di Desa Nanga Libau, rombongan disambut oleh aparatur desa dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Herkolanus Roni.

Seorang pesilat setempat menyambut rombongan Bupati Sintang. Ia memperagakan beberapa gerakan silat dan mengalungkan kalung bunga kertas kepara para tamu.

Sebelum meresmikan gedung serba guna, Bupati berkesempatan melakukan dialog pembangunan singkat bersama aparatur desa Nanga Libau di kantor desa setempat. Bupati mendengarkan perkembangan pembangunan yang tengah dikerjakan di Desa Nanga Libau.

Sebagai tanda diresmikannya gedung serbaguna tersebut Bupati Sintang menandatangi plakat peresmian yang telah disediakan. Masyarakat juga meminta Jarot untuk menyuling tuak, sebagai bentuk perayaan syukur masayakat desa atas keberadaan bangunan baru milik desa tersebut. Masyarakat Desa Nanga Libau menamai gedung serba guna tersebut dengan nama, ‘Peredam siak’ untuk mengenang sungai kecil yang pernah ada di lokasi gedung tersebut.

“saya bangga dengan masyarakat Nanga Libau sudah bisa punya gedung serba guna yang bagus. Bisa kita gunakan untuk berbagai acara, juga bisa kita gunakan sebagai sarana olah raga, seperti kata bapak Presiden,” kata dr. Jarot. “selain itu, saya ingatkan kembali kepada kita semua untuk juga memilih satu produk unggulan desa, lalu kita bentuk BUMDes di Desa Nanga Libau ini bah,” katanya lagi.

Jarot juga menyampaikan tentang pembuatan embung desa sebagai sarana penampung air untuk berjaga-jaga di musim kemarau, dari bencana kebakaran. Beliau juga mengingatkan untuk penggunaan anggaran dana desa bisa lebih ditekankan pada upaya-upaya pemberdayaan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Herkolanus Roni menyampaikan bahwa ada banyak hal yang akan menjadi perhatian pihaknya dalam proses meningkatkan kinerja pada pembinaan 394 desa yang di Sintang.

“Pembangunan yang bersumber dari dana desa, yang akan dikucurkan kepada 394 desa, kita harapkan dapat digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan,” kata Roni.“Alokasi dana desa untuk penghasilan tetap aparatur desa, juga tentu akan kami akan perhatikan dengan baik,” tegasnya.

Roni memuji pembangunan yang terjadi di Desa Nanga Libau. Menurutnya, aparatur desa telah menggunakan dengan baik, dana desa yang ada dengan adanya pembangunan infrastruktur yang terjadi.

Roni juga mengutarakan bahwa ia bersama institusi yang dipimpinnya akan melakukan penerapan UU tentang penataan desa sebaik mungkin.“perundangan tentang penataan desa, juga akan kita sosialisasikan kepada desa-desa yang ada di Sintang. Kami akan berusaha agar kebijakan tersebut dapat diterapkan dengan baik,” janji Roni. “Sehingga visi-misi Pemerintah kabupaten dapat terwujud,” tutupnya.(Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.