Bupati Sintang Serahkan 2 Ekor Sapi Untuk Qurban

SINTANG, KN – Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang yang dipimpin oleh Bupati Sintang menyerahkan dua ekor sapi untuk qurban pada Idul Adha 1440 Hijriah atau 2019 Masehi, yang dilaksanakan di halaman depan Kantor Bupati Sintang, pada hari Sabtu, (10/8/2019).

Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam sambutannya menjelaskan bahwa ibadah haji, sholat Idul Adha, dan berqurban itu semua adalah ibadah individual, “itu semua adalah ibadah individual, tetapi tidaklah cukup kalau hanya ibadah individual saja, karena dihari raya kurban ini memiliki makna kesalehan sosial, itu yang dicari”, kata Jarot

Jarot menambahkan dengan penyerahan hewan qurban berupa dua ekor sapi ini dapat tepat sasaran kepada penerima, “untuk sama-sama kita kumpulkan, para penerima daging qurban ini yaitu para Pekerja Harian Lepas (PHL), tenaga honorer, cleaning servis, dan masyarakat sekitar yang berhak menerima qurban ini, karena ini merupakan makna kesalehan sosial”, tambahnya.

Jarot memberikan apresiasi kepada ASN yang telah turut berqurban sesuai kemampuan masing-masing, “saya ucapkan terimakasih ASN yang sudah terketuk hatinya, ini adalah bentuk kesalehan mereka, karena telah menyelesaikan ibadah untuk berqurban sesuai dengan kemampuan masing-masing, yang kedua tentunya memberikan semangat kepada teman teman PHL dan masyarakat yang berhak menerima”, ucapnya.

Masih kata Jarot, menjelaskan kondisi sekarang para calon jamaah haji Kabupaten Sintang di Mekkah, “hari ini, Sabtu 10 September 2019, para calon jamaah haji kita sedang bergerak untuk Wukuf ke Arafah, perlu diketahui, CJH asal Sintang berjumlah 154 orang tetapi ada 1 CJH meninggal dunia, sehingga tinggal 153 orang, mari kita doakan agar mereka dapat melaksanakan rukun wajib, sunnah haji dan semoga menjadi haji dan hajjah yang mabrur”, jelasnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, H. Henri Harahap mengatakan bahwa maksud dan tujuan diserahkan ini untuk memberikan rasa berbagi kepada masyarakat yang berhak menerima kurban, “maksud dari kegiatan penyerahan hewan kurban ini yaitu ikut serta melaksanakan peringatan hari raya idul adha 1440 Hijriah di Kabupaten Sintang sehingga dapat mendukung terwujudnya masyarakat Kabupaten Sintang yang religius, sedangkan tujuannya yaitu mendorong terciptanya sikap saling berbagi antara sesama pemeluk agama terutama kepada masyarakat yang tergolong kurang mampu serta dalam rangka mewujudkan kebersamaan, persaudaraan dan sinergi antara pemerintah daerah dengan masyarakat pemeluk agama”, kata H. Henri Harahap

H. Henri Harahap menambahkan bahwa jumlah yang diserahkan oleh Pemkab Sintang kepada masyarakat sebanyak dua ekor sapi, “jadi dari Pemda Sintang sendiri menyerahkan hewan kurban berupa dua ekor sapi, yang rata-rata beratnya itu 60 sampai 70 kilogram satu ekor sapinya”, tambahnya.

Sementara itu secara terpisah, PLT. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, H. M. Yusuf mengatakan dua ekor sapi tersebut dibagikan secara terpisah, “jadi satu ekor sapi yang masih utuh kita berikan kepada Masjid Al-Muttaqin yang berada diwilayah Kampung Ladang Pantai, dan satu ekor sapi lagi sudah kita potong dan kita bagikan langsung kepada para PHL, tenaga honor, dan Cleaning servis di sini pada hari ini juga”, kata H. M. Yusuf. (DC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.