Coretan Di Tugu Rusak Keindahan Taman

MELAWI – Coretan-coretan menggunakan pilox di tugu Simpang Lapangan Terbang (Lapter)Nanga Pinoh yang dilakukan tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab merusak pemandangan. Coretan dengan tulisan nama Iqbal dan Yuda ini merusak keindahan taman yang kerap menjadi tempat bersantai masyarakat ini.

Seorang pemuda Melawi, Eko mengatakan fasilitas umum ini seharusnya dijaga kebersihan dan keindahannya karena berfungsi sebagai tempat bersantai banyak orang. Tentu sangat disesalkan aksi coret-coret tersebut terjadi.

“Terlalu over kreatif. Tapi tak pada tempatnya,” katanya.

Lebih lanjut Eko menyebut coretan di dinding kolam yang mengelilingi tugu patung pahlawan ini sudah ada sejak sebulan lalu. Namun sampai sekarang tulisan ini masih terlihat juga.

“Keindahan tugu pun jadi berkurang gara-gara ada coretan ini. Tapi pelakunya sulit diketahui, karena memang tak ada yang melihat langsung kejadiannya,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Melawi, Jaya Sutardi mengaku sudah mengetahui aksi vandalisme yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab di Monumen Juang tersebut. Namun untuk mencari pelakunya sulit untuk dilakukan.

“Susah mencari siapa yang mencoret. Karena nama yang ditulis disana itu nama umum. Macam Iqbal, di kantor kami juga ada pegawai nama itu,” katanya.

“Penertiban terhadap pelaku vandalisme menjadi kewenangan Satpol PP. Karena pengrusakan fasilitas umum, termasuk dalam hal ini mencoret taman atau tugu diatur dalam Perda Ketertiban Umum (Tibum). Memang kita sayangkan aksi coret-coretan ini. Tapi kami nilai ini lebih pada sebuah aksi kenakalan remaja yang masih dalam masa perkembangan. Sulit kalau dikategorikan perbuatan kriminal,” ujarnya.

Upaya menghapus tulisan di Monumen Juang ini juga tak mudah dilakukan. Menurut Jaya, karena bagian taman yang dicoret bukan dibuat dari porselen, tapi dari batu alam.

“Jadi tak bisa hanya dicat ulang. Harus diganti dengan batu alam,” terangnya.

Tak cuma aksi vandalisme, Jaya menyebutkan banyak perbuatan oknum yang merusak taman tugu. Di dalam kolam, katanya, banyak terdapat pecahan kaca bekas botol minuman keras yang dibuang oleh sekelompok oknum usai mereka nongkrong di sekitaran tugu.

“Bahkan ada yang sengaja mematahkan pohon di taman dekat tugu Naruto ini,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.