Curi Motor Di Desa Paal, Si “Tangan Panjang” Diringkus Polisi

Melawi (kalimantan-news.com) – Polsek Nanga Pinoh Polres Melawi berhasil mengungkap kasus tindak pidana curanmor, Kamis (17/10/19). Pengungkapan Curanmor ini berawal dari Laporan Polisi Nomor : LP /B/82 /Res.1.8/ 2019 / KALBAR / RES MELAWI/SEK NP, tanggal 17 Oktober 2019 Tentang perkara dugaan Tindak Pidana Curat / Curanmor yang terjadi pada Senin 9 September 2019 pukul 01.30 WIB, di Jalan Adi Mustofa Gang Abalai Dusun Kuala Belian Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi yang dilaporkan oleh Rianto.

Tersangka SYM alias ALI saat diamankan di Polsek Nanga Pinoh

Dari laporan tersebut Polsek Pinoh berhasil mengamankan seorang tersangka pencurian alias si tangan panjang berinisial SYM als ALI (33), seorang warga kelahiran Mensiku Jaya, yang tinggal di Manggala. Dari tangan tersangka mengamankan Barang Bukti (BB) berupa 1 lembar STNK sepeda motor Honda Blade 125 KB  4187  RU dengan nomor rangka MH1JBM117EK019244 dan nomor mesin JBM1E-1020278 atas nama Sapma Daruyanto dan 1 unit sepeda motor honda Blade 125 warna orange hitam tanpa Plat KB dengan nomor rangka MH1JBM117EK019244 dan nomor mesin JBM1E-1020278.
“Saat memberikan keterangan korban Rianto menyampaikan, bahwa pada hari hari sabtu tanggal 7 September 2019 sekira jam 12.30 wib dirinya bersama istri dan anaknya pergi kerumah orang tua  di Kabupaten Sintang, dan kembali ke Nanga Pinoh pada hari senin tanggal 9 September 2019 selepas solat subuh. Kemudian sekira jam 07.00 wib saya beserta anak dan istrinya tiba dirumah melihat pintu depan rumah dalam keadaan tidak terkunci dengan slot kunci gembok telah dirusak, kemudian saya  masuk kedalam rumah mendapati sepeda motor Honda Blade 125 KB 4187 RU sudah tidak ada di ruang tamu” ungkap Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin melalui Kapolsek Nanga Pinoh Iptu Markus, Jumat pagi (18/10).
Lebih lanjut Markus menyampaikan maraknya kejadian pencurian akhir- akhir ini menyebabkan personil Polsek Nanga Pinoh harus bekerja ekstra baik melakukan Patroli dan menyari informasi dilapangan. Pengungkapan pencurian yang saat ini terjadipun karena adanya bantuan masyarakat.
“Pengungkapan curanmor ini bermula dari unit Reskrim Polsek Nanga Pinoh melakukan penyelidikan atas pengaduan tindak pidana pencurian mesin Chain saw dan peralatan semprot air setelah dilakukan pendalaman dan pengumpulan keterangan didapatkan informasi bahwa ada orang yang menjual mesin Chain Saw dan peralatan penyemprot rumput bekas di wilayah Desa Manggala. Kemudian petugas melakukan penyelidikan di sekitar tempat tinggal orang tersebut di Pondok Kebun Sawit di wilayah Perbatasan desa Manggala – Semadin lengkong” jelasnya.
“Pada saat di datangi petugas Polsek Nanga Pinoh ditemukan selain barang bukti chain saw dan Alat penyemprot rumput merk Solo. Juga ditemukan 1 unit motor Honda Blade Warna Hitam orange tanpa plat KB dengan noka MH1JBM117EK019244 Nosin JBM1E-1020278. Setelah dilakukan pengecekan ternyata motor tersebut adalah motor yang dilaporkan hilang” beber ya.
Markus mengatakan, pada saat di lakukan introgasi SYM als ALI mengakui perbuatannya mendapatkan motor tersebut masuk kerumah korban dengan cara merusak gembok pintu rumah dengan menggunakan 1 buah palu. “Awalnya tersangka hendak mengambil uang, namun karena tidak mendapatkan uang di dalam rumah tersebut kemudian tersangka mengambil sepeda motor Honda Blade 125 warna hitam corak orange putih milik korban dengan cara di dorong keluar rumah kemudian membawa motor tersebut dan di gunakan oleh pelaku,” ungkap Kapolsek.
Tersangka dikenakan pasal 363 ayat 1 ke-3 dan ke-5 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 7 tahun penjara. (Irawan/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.