Dalam Rangka BBGRM Desa Kelakik di Deklarsi Menjadi BABS

MELAWI – Satu desa lag di dalam kecamatan Nanga Pinoh yang dideklarasi menjadi desa bebas Buang Air Besar Smbarangan (BABS) atau sebagai desa Open Defecation Free (ODF). Pengdeklarasian tersebut terlaksana dalam rangkaian kegiatan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang dipusatkan di Desa Kelakik, Rabu sore siang (5/9) kemarin.

Bupati Melawi, Panji, mengapresiasikan terlaksanakan deklarasi Desa Kelakik menjadi desa ODF. Dimana dengan deklarasi tersebut semakin banyak desa yang berkomitmen untuk bebas BABS. Yang tentunya deklarasi tersebut diharapkan tidak hanya seremonial belaka, namun harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

“Kita berterima kasih kepada masyarakat Kelakik khususnya warga dari kabupaten Melawi. karena mereka adalah salah satu desa yang berani menyatakan menjadi desa ODF. Memang belum tentu terlaksana 100 persen jika diperiksa, namun masyarakat Desa Kelakik sudah punya tekat,” ungkapnya.

Menurut Panji, kemauan serta tekat dan komiten masyarakat untuk menjadi desa ODF itulah yang harus dihargai. Karena hal tersebut adalah sikap yang luar biasa.

“Tekat menjadi desa ODF adalah tekat yang membawa maju berkembang dan hidup dengan prilaku yang sehat, dan budaya hidup sehat itulah keputusan mereka,” ucapnya.

Nah, lanjutnya, deklarasi yang dilaksanakan tersebut adalah Penetapan ataupun pengukuhan yang dilakukan pemerintah Melawi. Sehingga masyarakat bisa melaksanakan itu dengan baik dan sungguh-sungguh, menjadi masyarakat yang sehat dan lingkungan yang sehat.

“Lingkungan yang sehat pasti akan melahirkan orang-orang yang sehat, dan orang-orang yang sehat akan menjadi manusia yang berkualitas. Sehingga bisa diharapkan menjadi pundaknya bangsa dan negara selanjutnya, khususnya generasi pnerus,” pungkasnya. (Ed/KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.