Delapan Desa Di Sokan Akan Laksanakan Pilkades Serentak

MELAWI – Camat Sokan, Ardiansyah mengatakan, jika tidak ada kendala, sebanyak 8 desa dari 18 desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Sokan, Kabupaten Melawi, akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, pada tahun 2020 mendatang.Delapan desa yang melaksanakn Pilkades serentak itu meliputi Desa Nanga Tangkit, Landau Kabu, Nanga Betangai, Desa Melana, Nanga Potai, Muara Tanjung, Keluing Taja dan Desa Tanjung Mahu.

Ia mengatakan, seiring berakhirnya masa tugas Kades lama, maka pejabat sementata (Pjs) Kades untuk Desa Keluing Taja akan dilantik pada Bulan 10 tahun 2019. Sedangkan Pjs Kades Landau Kabu dilantik pada Bulan 11 tahun 2019. Kemudian enam desa lainnya dilantik pada Bulan Januari 2020.

Ardiansyah menjelaskan, sebelum pelaksanaan Pillades serentak itu dilakukan, pihaknya bersama Pemerintah Desa yang melaksanakan Pilkades serentak akan melakukan pemantapan. Mulai dari persiapan pembentukan panitia pemilihan, hingga daftar pemilih tetap (DPT) serta pemantapan lainnya yang berkaitan dengan tahapan – tahapan Pilkades.

“Pemerintah Kecamatan Sokan sudah siap menggelar Pilkades serentak pada tahun 2020. Soal hari dan tanggal pelaksanaan kita masih menunggu kepastian dari Pemkab Melawi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD),” ujar Camat baru – baru ini di ruang kerjanya.

Menurutnya, semua balon (bakal calon) Kades yang bertarung akan dilaksanakan deklarasi damai Pilkades yang ditandai dengan penandatangan kesepakatan damai bersama Muspika dan balon Kades.

Tujuan digelar deklarasi damai tersebut, lanjutnya, agar para balon Kades ikut menjaga desanya, sehingga suasana di Kecamatan Sokan tetap kondusif, tidak ada saling menyalahkan, maupun curiga.

Ia berharap pelaksanan Pilkades di 8 desa di Kecamatan Sokan nantinya bisa berjalan lancar, aman dan kondusif tanpa ada kendala. “Mudah-mudahan semua bisa berjalan lancar tidak ada persoalan,” pungkasnya. (ED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.